Kemenparekraf RI Anugerahi Tiga Desa di Indramayu Desa Wisata

Ekonomi Jadi Fokus Utama, Pemkot Semarang Prioritaskan Bangkitkan Sektor Wisata
April 8, 2022
Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi COVID-19
April 8, 2022

Inews.com / Safaro / 08 April 2022 ,08:48 WIB

Indramayu,

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI menganugerahi tiga desa di Kabupaten Indramayu sebagai Desa Wisata. Ketiga desa dimaksud yakni,  Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra dan Desa Cikawung, Kecamatan Terisi.

Penghargaan Desa Wisata diberikan Bupati Indramayu, Nina Agustina  pada kegiatan Bazar Kampung Ramadhan belum lama ini di Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu Tri Nani R menyampaikan, penghargaan Desa Wisata yang diberikan Kemenparekraf RI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf.

Event ini kata Nani, bertujuan menjadikan Desa Wisata Indonesia khususnya di Indramayu sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan perekonomian masyarakat secara mandiri.

“Penghargaan Desa Wisata untuk Desa Cangkingan dengan desa digitalnya, Desa Ujunggebang dengan Panorama Pantai Plentongnya dan Desa Cikawung dengan nuansa wisata alam Ciwado yang alaminya,” kata  Tri Nani dalam keterangannya, Kamis (7/4/2022).

Untuk menopang strategi ke depan dalam meningkatkan sektor wisata di Indramayu pihaknya memiliki strategi (3A) yakni Aksesibilitas, Amenitas atau pendukung pariwisata dan Atraksi, serta yang penting terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) utuk mendukung kelancaran aktifitas pariwisata.

Ia berharap, dengan dianugerahkannya penghargaan Desa Wisata bagi Desa Cangkingan, Desa Ujunggebang dan Desa Cikawung dapat memicu dan mendorong desa lainnya di Indramayu untuk semangat mengembangkan potensi wisatanya.

“Saya berharap desa lain dapat terpacu untuk mewujudkan desanya memiliki destinasi wisata dan terus dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya. (safaro)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Artikel asli : https://indramayu.inews.id/read/66440/kemenparekraf-ri-anugerahi-tiga-desa-di-indramayu-desa-wisata

logo