Kemenparekraf lengkapi Gua Batu Cermin Labuan Bajo lewat pendampingan

Kemenparekraf Ajak Marketplace Berantas Barang Bajakan
January 28, 2022
Dinas Pariwisata Kulonprogo Pamerkan Potensi Ekonomi Kreatif di Bandara YIA Kuntadi
January 28, 2022

Antaranews.com / Fransiska Mariana Nuka /28 Januari 2022, 19:42 WIB

Labuan Bajo (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan akan melengkapi destinasi wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo lewat pendampingan dan pelatihan.

“Terima kasih Kementerian PUPR sudah bangun infrastrukturnya. Kami akan lengkapi nanti dengan pelatihan dan pendampingan. Kami juga akan memulai suatu inisiatif dalam persiapan road to G-20 yakni meeting in the key,” kata Sandiaga usai berkunjung ke Gua Batu Cermin Labuan Bajo, Jumat.

Kemenparekraf memastikan akan melakukan berbagai kegiatan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu untuk kebutuhan masyarakat.

Sandiaga menjelaskan, destinasi wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo yang menjadi travel pattern Kemenparekraf RI akan menyediakan berbagai pilihan pariwisata dan ekonomi kreatif yang bisa dinikmati wisatawan pun pelaku usaha yang ada.

Nantinya, pihaknya akan berkolaborasi bersama pemerintah daerah untuk menyediakan toko kopi, tempat kuliner, dan berbagai pilihan industri kreatif.

Sehubungan dengan persiapan meeting in the key, Sandiaga berujar akan mengadakan rapat koordinasi di dalam gua tersebut untuk memastikan kekuatan sinyal dan efek dari Batu Cermin karena memiliki fenomena cahaya yang saling memantul.

Dia berharap upaya yang telah dilakukan oleh berbagai pihak menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat.

Sebagai bentuk pariwisata berkelanjutan, Sandiaga berharap alam dalam destinasi wisata Gua Batu Cermin tidak terusik. Dia ingin infrastruktur yang terbangun nanti yang mengikuti alur alam dalam Gua Batu Cermin tersebut.

Menurutnya, perwujudan dari pariwisata berkelanjutan dilakukan secara totalitas di destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo.

Kemenparekraf RI sendiri akan menerapkan karbon karburator di lokasi wisata itu. Sandiaga berharap ada kegiatan yang menghadirkan wisatawan terlibat untuk mengurangi emisi karbon.

“Itu langkah kita untuk mewujudkan pariwisata berkualitas, berkelanjutan, sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menambahkan akan memperkuat narasi (story) terkait Gua Batu Cermin Labuan Bajo.

Dia ingin pengalaman wisatawan yang berkunjung tak sekadar melihat gua tapi juga cerita edukasi di dalamnya.

Sandiaga mengunjungi Gua Batu Cermin pada hari kedua kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo. Menurut Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah III NTT Denny Surya Martha, infrastruktur di Gua Batu Cermin Labuan Bajo sendiri dibangun oleh Kementerian PUPR dalam rangka mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo sebagai salah satu atraksi wisata alternatif selain Pulau Rinca.

Gua Batu Cermin memiliki kekhasan susunan batu dan beberapa fosil binatang laut di dalamnya. Berdasarkan prediksi peneliti, katanya, bebatuan ini berada di dasar laut.

Selain membangun fasilitas di dalam gua, Kementerian PUPR juga membangun fasilitas pendukung bagi wisatawan.

Editor: Royke Sinaga

Artikel  asli : https://www.antaranews.com/berita/2671893/kemenparekraf-lengkapi-gua-batu-cermin-labuan-bajo-lewat-pendampingan

logo