Kemenparekraf Dorong Gerakan Bangga Buatan Indonesia untuk Pulihkan Ekonomi dan Pariwisata

Dukungan Kemenparekraf Tingkatkan Ekonomi Kreatif
August 27, 2020
Siaran Pers : Festival Kreatif Lokal Diharapkan Dorong Kebangkitan UMKM Ekonomi Kreatif
August 27, 2020

Liputan6.com/Henry/Diterbitkan 27 Agustus 2020, pukul 19:36 WIB

Liputan6.com, Jakarta –  Berbagai upaya dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) untuk membangkitkan kembali dunia pariwisata Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan Festival Kreatif Lokal 2020 (FKL 2020).

Bersama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance), mereka meresmikan nota kesepahaman untuk menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal 2020. Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bertemakan #BangkitBersamaSahabat” ini diadakan mulai Agustus 2020 sampai Januari 2021 mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Wishnutama Kusubandio dalam kata sambutannya seacara virtual menyampaikan, kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergi yang baik antara pemerintah dengan pihak swasta dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif. Kemenparekraf mendukung terselenggaranya kegiatan ini dengan menjadi mitra strategis.

“Kerjasama ini dapat menjadi salah satu pembangun struktur perekonomian daerah, serta menjadi daya tarik untuk wisatawan dalam maupun luar negeri,” ucap Wishnutama dalam konferensi pers virtual, Kamis (27/8/2020).

“Karena pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada sektor UKM. Situasi ini mendorong kita untuk bangkit dan menjadi pahlawan untuk membangun pelaku usaha sektor ini dengan membeli produknya di FKL,” tambahnya. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengatakan, situasi ini mendorong pihaknya untuk membangkitdan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi.

“Acara ini sejalan dengan visi kami yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan. Festival Kreatif Lokal 2020 ini jadi wujud kepedulian kami untuk membangun pelaku usaha UmKM dan generasi muda agar bangkit kembali membangun perekonomian Indonesia. Program ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Bapak Presiden,” terangnya.

Festival Kreatif Lokal 2020 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun Adira Finance ke-30 yang meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal.

Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang sudah menunjukan prestasi kinerja mengagumkan dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup dirinya sendiri dan lingkungannya.

Kreatif Lokal Award merupakan ajang pemilihan calon UKM terbaik yang berasal dari 1000 UKM dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance, dan masyarakat umum. Ajang ini mencari 18 orang pemenang dari enamkategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan, yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Selain modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan pelatihan, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online ekslusif di Bukalapak, serta eksposur di media mengenai produk dan usaha mereka. Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite Festival Kreatif Lokal 2020 di alamat bit.ly/festivalkreatiflokal.

Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award akan diadakan pada November 2020 bertepatan dengan HUT ke-30 Adira Finance. Pada penghujung Festival Kreatif Lokal 2020, akan diadakan Konser Kreatif Lokal pada Januari 2021. Rencananya, akan digekar konser amal artis ternama Indonesia untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terkena dampak pandemi.

Sementara itu, Nia Nisacaya selaku Deputi Bidang Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf berharap, pelaku UKM bisa meningkatkan omzet mereka. Selain itu, FKL 2020 diharapkan bisa meningkatkan ketahanan bisnis mereka di tengah pandemi.

“Kita juga ingin meningkatkan brand Wonderful Indonesia lewat program ini. Selain bangga, kita bisa jadi pahlawan dengan membeli produk buatan Indonesia,” ujar Nia Niscaya.

Artikel Asli: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4341445/kemenparekraf-dorong-gerakan-bangga-buatan-indonesia-untuk-pulihkan-ekonomi-dan-pariwisata

logo
Hubungi Kami