Kemenparekraf Buka Pendaftaran SBMPTNP 2022, Disiapkan 3.355 Kuota Mahasiswa Baru

BPS: Kunjungan wisman naik 13,42 persen pada Januari 2022
March 1, 2022
BPOLBF pastikan pariwisata Hutan Bowosie serap 10 ribu tenaga kerja
March 1, 2022

Medcom.id/ Antara / 01 Maret 2022, 13:54  WIB

Jakarta:  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali membuka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP) 2022.  Melalui jalur seleksi ini, siap menerima sebanyak 3.355 calon mahasiswa di enam PTNP di Indonesia.

“Bagi generasi muda yang ingin kuliah di kampus yang menghasilkan lulusan siap kerja, menciptakan lapangan kerja serta bagian dari insan pariwisata, kalian bisa kuliah di enam PTNP Kemenparekraf,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga, Salahuddin Uno melalui sambutan video saat peluncuran SBMPTNP di Poltekpar Lombok, Nusa Tenggara Barat di Praya, Selasa, 1 Maret 2022.

Ia mengatakan, jurusan pariwisata memiliki potensi yang besar di Indonesia.  Sehingga peran SDM pariwisata sangat strategis untuk dipersiapkan dan dikembangkan secara profesional, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Dalam rangka mempersiapkan SDM dengan kemampuan terbaik, kata Sandiaga, Kemenparekraf melalui PTNP membuka kesempatan kepada generasi muda untuk menempuh pendidikan tinggi guna menjadi insan pariwisata dan ekonomi kreatif yang memiliki hospitality.

“Orientasi PMB tahun ini menitikberatkan pada karakter, kepribadian, personality, minat dan kemampuan sebagai calon insan pariwisata yang memiliki hospitality,” kata Sandiaga.

Sekretaris Kemenparekraf, Ni Wayan Giri Adyani mengatakan penerimaan mahasiswa baru PTNP Tahun Akademik 2022/2023 Kemenparekraf dilakukan melalui dua jalur, yaitu Seleksi Bersama Masuk (SBM) 60 persen dan Seleksi Mandiri Masuk (SMM) 40 persen.  “Ini bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa baru yang unggul, berkualitas, kreatif, berjiwa wirausaha, berkepribadian Indonesia, dan berbudi luhur,” katanya.

Kuota PMB PTNP tahun ini sebanyak 3.355 orang. Sedangkan jalur SMM di PTNP akan dibuka penerimaan pada peminat tipe A, kelas internasional, berprestasi, kerja sama, wirausaha, disabilitas dan pemberdayaan masyarakat.

“SBM PTNP Tahun 2022, ditargetkan akan mencapai peminat 100 persen lebih tinggi dari tahun lalu yaitu sebanyak 17.593 orang,” tutup Giri.

Artikel asli : https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/nbwMM53K-kemenparekraf-buka-pendaftaran-sbmptnp-2022-disiapkan-3-355-kuota-mahasiswa-baru

logo