Kembangkan Digitalisasi Desa Wisata, Sandiaga Uno Kolaborasi dengan Perusahaan Marketplace

Kemenparekraf upayakan pariwisata aman untuk pelancong perempuan  
April 21, 2022
Gelaran MUFFEST+ promosikan fesyen muslim Indonesia ke global  
April 22, 2022

Inews.id/ Vien Dimyati / 21 April 2022 ,20:59 WIB

JAKARTA, iNews.id – Transformasi digital memiliki peran penting bagi UMKM untuk berkembang hingga ke kancah global. Dengan perubahan ini, UMKM dapat bersaing dengan produk impor.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Kemenparekraf menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan marketplace Ralali Group dalam upaya mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan industri kreatif bersaing dengan produk-produk ekonomi kreatif impor, serta mempromosikan berbagai jenis produk ekonomi kreatif Indonesia, sehingga mampu mendorong tumbuhnya pelaku ekonomi kreatif lainnya yang dapat mendukung ekonomi regional dan nasional,” ujar Sandiaga Uno di Jakarta belum lama ini.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya mengatakan, kolaborasi ini merupakan upaya bersama dalam menyambut tatanan ekonomi baru pascapandemi Covid-19 yang bersamaan dengan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Indonesia.

“Dengan (semangat) G-20 Recover together, recover stronger, kita juga sekarang mau recover better dengan tatanan ekonomi baru. Adapun upaya membentuk tatanan baru tersebut adalah melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” kata Sandiaga,” katanya.

Sandiaga mengatakan kolaborasi ini diharapkan dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat. Serta mendukung program-program Kemenparekraf terkait pengembangan potensi parekraf.

Sandiaga juga mengapresiasi kehadiran Ralali group sebagai marketplace B2B (business to business) yang menghubungkan pemasok produk dan pelaku bisnis melalui aplikasi dan situs Ralali.com.

“Salah satu upaya kita untuk recover better adalah memperkuat rantai pasok kita. Kemarin harga-harga meningkat karena kita tidak punya rantai pasok yang optimal, jadi dengan kehadiran ralali.com diharapkan rantai pasok kita akan semakin kuat,” katanya.

Sandiaga berharap kerja sama ini juga dapat menjadi momentum untuk mendukung program-program pengembangan sektor parekraf yang dicetuskan oleh Kemenparekraf, terutama terkait desa wisata. “Saya yakin banyak sekali yang bisa kita kerja samakan secara konkrit, terutama pengembangan desa wisata,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, Kemenparekraf bersama Ralali.com akan berkolaborasi mengembangkan potensi 1 juta website digital store front melalui multiple intervention atau 360 Universe Parekraf untuk mencapai target 5.000 desa wisata di tahun 2023 dan 7.500 desa wisata di tahun 2024 mendatang.

Joseph Aditya, selaku CEO & Founder dari Ralali Group mengatakan, Ralali berharap kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini menjadi langkah awal yang akan terus bergerak untuk mewujudkan UKM Indonesia Go Digital, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Yang pada akhirnya, Ralali Ekosistem Group akan berupaya berikan solusi bisnis yang unggul untuk para UKM dalam mendigitalisasi bisnisnya,” ujar Joseph Aditya.

Melalui sinergi ini, dia mendukung secara penuh ragam program unggulan Kemenparekraf,  seperti program Bangga Buatan Indonesia, Desa Kreatif Indonesia, Desa Wisata, KATA (Kota Kabupaten Kreatif) serta program lain dengan tujuan utama mendigitalisasi UKM Indonesia melalui memberikan pembinaan, pemberian dukungan riset dan edukasi secara berkelanjutan, pengembangan produk wisata dan kreatif, serta pengembangan ekonomi digital terhadap UKM Indonesia.

Dalam program Desa Wisata yang digerakkan oleh Kemenparekraf, Ralali akan memfasilitasi website gratis atau digital store front melalui aplikasi Ralali Connect untuk setiap desa wisata yang telah terkurasi, sehingga menargetkan para UKM Indonesia dapat membangun reputasi, mengembangkan jaringan di era digital, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Selain desa wisata, Ralali juga berperan secara aktif dalam program KATA Kreatif dari Kemenparekraf dengan mengikuti rangkaian agenda visitasi di berbagai kota dan kabupaten Indonesia.

Editor : Vien Dimyati

Artikel asli : https://www.inews.id/travel/destinasi/kembangkan-digitalisasi-desa-wisata-sandiaga-uno-kolaborasi-dengan-perusahaan-marketplace/all

logo