Kelola Desa Wisata, Kemenparekraf Berikan Pendampingan ke Desa Lalang

Garuda Indonesia Buka Rute Surabaya-Lombok, Tiketnya Mulai Rp 600 Ribu
February 11, 2022
Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang Siap Terima Kedatangan Wisman
February 11, 2022

Kumparan.com / Konten Media Partner InfoPBUN /11 Februari 2022, 9:04 WIB

InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT – Pendampingan terus dilakukan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terhadap sejumlah desa wisata, salah satunya di Desa Lalang, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kotawaringin Barat.

Desa Lalang terpilih jadi satu-satunya desa wisata di Kalimantan Tengah  yang mendapat program ini. Pendampingan tersebut diberikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan destinasi wisata desa.

“Kami diutus Kemenparekraf melalui Indecon diminta untuk melakukan pendampingan terhadap Desa Lalang. Pendampingan dilakukan selama 2 minggu ke depan,” kata Yomie Kamale selaku Pendamping Desa Wisata Kemenparekraf, Kamis (10/2/2022).

Ia menjelaskan melalui pendampingan ini pelaku usaha ekonomi kreatif diajak untuk belajar memahami perubahan perilaku konsumen selama pandemi, cara membangun branding di dunia digital dan mengembangkan pemasaran digital.

Dengan demikian diharapkan warga maupun kelompok sadar wisata (pokdarswis) memiliki kapasitas dalam memaksimalkan potensi di desanya.

“Banyak yang akan dipelajari nantinya, salah satunya terkait dengan digital marketing, tetapi sebelum masuk ke ranah itu terlebih dahulu harus ada kesiapan dari pihak desa dan pengelola,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Lalang, Nur Elijah, menyambut baik dengan pendampingan yang dilakukan. Menurutnya, hal ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap perkembangan wisata Danau Limau di desanya.

“Terima kasih buat Kemenparekraf maupun dinas pariwisata (Kobar) yang selama ini mendukung pengembangan destinasi wisata di Desa Lalang. Alhamdulillah desa kami mulai mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan mulai banyak dikenal publik,” tuturnya.

Dijelaskan Kades Lalang, pelatihan yang diberikan nantinya juga diharapkan menambah pengetahuan dan wawasan warga desa setempat di sektor kepariwisataan.

“Rencananya kami nanti diajarkan bagaimana bikin konten, mengelola penginapan, serta menggali potensi usaha lain di bidang pariwisata,” terang Nur Elijah.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kobar, Muhammad Zazuli menambahkan, sektor pariwisata merupakan program salah satu prioritas pemerintah daerah saat ini.

Menurutnya, semakin bertambahnya destinasi wisata baru diharapkan ke depan bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Kalo tempat wisatanya terkelola dengan baik, otomatis memberikan dampak peningkatan kesejahteraan untuk warga desa. Ini yang perlu kita optimalkan,” tukasnya.

Artikel asli : https://kumparan.com/infopbun/kelola-desa-wisata-kemenparekraf-berikan-pendampingan-ke-desa-lalang-1xU1ubzdmp1/full

logo