KEK Pariwisata di Jawa Barat Diperkirakan Tarik 6 Sampai 7 Juta Pengunjung

Resmi Terima PP, Potensi Investasi KEK MNC Lido City Capai Rp32 Triliun
September 8, 2021
Pentingnya Keterlibatan Komunitas untuk Kembangkan Potensi Pariwisata di Malut
September 8, 2021

Pikiran-rakyat.com/Muhammad Ashari/Diterbitkan 8 September pukul 14.35 WIB

PIKIRAN RAKYAT – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dibentuk di Provinsi Jawa Barat yang mencakup wilayah Bogor dan Sukabumi. Diperkirakan bisa menarik 6 sampai 7 juta pengunjung dalam lima tahun ke depan.

Dibentuknya KEK Pariwisata itu ditandai dengan penyerahan Peraturan Pemerintah (PP) No. 69 Tahun 2021 tentang penetapan area KEK kepada MNC Land selaku pengembangnya, Rabu, 8 September 2021. PP No. 69/2021 itu telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Juni lalu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan optimismenya terkait pembentukan KEK Pariwisata ini. Menurutnya, pariwisata di Jawa Barat dapat menarik sampai 50 juta pengunjung per tahunnya. Hal itu berkaca kepada pengunjung yang datang sebelum pandemi Covid-19.

“Kalau (pengunjung) spending Rp 1 juta, sudah Rp 50 triliun perputarannya,” kata dia saat memberikan sambutan dalam penyerahan PP No.69 Tahun 2021 KEK MNC Lido City dan Ground Breaking Project Lido World Garden, Rabu, 8 September 2021.

Ia juga menuturkan bila mesin ekonomi Jawa Barat kini terdiri dari empat hal, yakni investasi, daya beli masyarakat, pengeluaran pemerintah dan ekspor. Investasi di Jawa Barat sudah tiga tahun terakhir diklaimnya menempati posisi pertama di Indonesia.

Pada satu semester terakhir, ujarnya, sudah ada Rp 70 triliun investasi masuk ke Jabar. Investasi itu diklaimnya membawa 60 ribu lapangan kerja.

“Sehingga kini tingkat pengangguran kami sudah hampir setara sebelum pandemi Covid-19. Ini berita baiknya. Jadi (pengangguran) jatuh pada tahun 2020, dari 8% ke 10%. Sekarang sudah 8% lagi,” ujarnya.

Pengembang KEK Pariwisata MNC Lido City, Hary Tanoesoedibjo mengatakan, KEK tersebut luasnya 3.000 hektare dengan mencakup wilayah Jabodetabek. Di Kabupaten Bogor sendiri akan dibangun taman bunga seluas 17 hektare yang dihiasi koleksi spesimen flora langka.

“Setelah beroperasi secara penuh, kami perkirakan dapat menyerap 6-7 juta pengunjung dalam 5 tahun kedepan, dan ini juga akan meningkatkan pendapatan devisa dari para wisatawan,” tuturnya.

KEK Pariwisata ini nantinya akan terdiri dari beberapa fasilitas hiburan, seperti lapangan golf, music and arts cender, resor, kompleks film, theme park, retail, hotel, meeting dan konferensi (MICE) hingga tekno park.***

Artikel Asli: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-012553403/kek-pariwisata-di-jawa-barat-diperkirakan-tarik-6-sampai-7-juta-pengunjung

logo