Karya Siswa Ini Demi Revitalisasi Pariwisata Indonesia

Sandiaga ajak pemangku kepentingan pariwisata berbagi ide kreatif
September 29, 2022
Kemenparekraf promosikan pariwisata lewat buku anak
September 29, 2022

Medcom.id/ Mohammad Mamduh / 29 September 2022, 17:35  WIB

Jakarta: Di Bangkit 2022, terdapat dua jenis projek tugas akhir yang harus mereka kerjakan sebagai syarat kelulusan.

Pertama, yaitu “Product-Based Capstone Project”, para siswa harus berinovasi membuat solusi produk bagi permasalahan di ranah publik, seperti lingkungan, kesehatan, ketahanan ekonomi, sesuai tema pilihan peserta.

Projek kedua yang baru ada di tahun ini yaitu “Company-Based Capstone Project” di sini, para peserta akan diasah ke­­mampuannya untuk menjawab tantangan riil dari industri.

Kali ini, ada kisah Yourney, sebagai salah satu dari Top 15 proyek yang memperoleh mentor industri dan dana inkubasi sebesar Rp140 juta dari Google dan DRTPM Ditjen Diktiristek.

Aplikasi Yourney memberikan penawaran kepada wisatawan untuk menentukan pilihan tentang apa yang harus dikunjungi dan dilakukan di suatu daerah di Indonesia dengan memprediksi minat mereka.

Ide ini muncul dari keprihatinan tim Yourney atas dampak Covid-19 terhadap sektor pariwisata Indonesia. Harapannya, dengan Indonesia memasuki fase the next normal.

“Awalnya, kami terkejut dan tidak menyangka dapat masuk kategori Top 53 Product Capstone Project. Dari situ, kami lebih semangat lagi untuk mencapai Top 15 dengan menyempurnakan penyampaian maupun konsep,” kata Renaldi Azhar, mahasiswa Telkom University dan pemimpin kelompok Yourney.

“Kami merasa lebih tertantang untuk melanjutkan projek ini, bukan hanya sebagai produk kebanggaan kami saja, namun juga sebagai harapan untuk memberikan manfaat bagi sektor industri pariwisata. Maka, dari pendanaan yang kami dapat akan kami gunakan untuk research dan development dan bekerja sama dengan key partners hingga siap launch di Indonesia.”

Nantinya, Yourney akan mentransformasi prototipe mereka menjadi produk yang siap untuk diperkenalkan pada user atau masyarakat dalam bimbingan Lab Inkubasi dan Kewirausahaan di 15 kampus Mitra Bangkit.

Artikel asli : https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/GNGmDLLk-karya-siswa-ini-demi-revitalisasi-pariwisata-indonesia

logo