Kadisbudpar Aceh saat Festival Pesona Barat Selatan: Seriuslah Promosi Wisata

Daftar Negara Penerima Visa on Arrival Terbaru
August 30, 2022
Wapres Ma’ruf harap usaha kecil di Bali jadi contoh untuk Indonesia
August 30, 2022

Kumparan.com / ACEHKINI /30 Agustus 2022,11:18 WIB

Bupati Aceh Selatan, Amran resmi membuka Festival Pesona Barat Selatan 2022 di Lapangan Naga, Kota Tapaktuan, Senin (29/8/2022). Pembukaan semarak dengan penampilan tarian kolosal ‘Kemilau Rantak Puan Cerana’ yang dibawakan oleh 50 siswa SMP dan SMA terbaik di Aceh Selatan. Kegiatan berlangsung sampai Rabu (31/8/2022).

Amran mengaku bangga dan berterima kasih kepada Disbudpar Aceh atas kepercayaannya memilih Aceh Selatan sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Pesona Barat Selatan 2022. “Festival ini jadi agenda penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata di daerah Barsela. Sektor pariwisata tidak akan maju tanpa dukungan Forkopimda dan masyarakat,” ujarnya.

Ia menilai, Festival Pesona Barat Selatan menjadi ajang silaturahmi dan kolaborasi antar delapan daerah yang terlibat untuk memajukan perekonomian wilayah Barat Selatan Aceh. “Festival ini menjadi simpul sinergisitas bagi kita pemerintahan maupun masyarakat di delapan kabupaten/kota Barsela untuk saling dukung memajukan daerah kita, terutama dari sektor budaya dan pariwisata. Kita harus bangkit lebih kuat dan lebih cepat setelah dilanda pandemi melalui kegiatan seperti ini,” kata Amran.

Dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan Festival Pesona Barat Selatan ini untuk saling mengenal dan mempromosikan potensi dari daerah masing-masing. “Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan memajukan ekonomi Barsela,” ajaknya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya bekerja sama dengan delapan kabupaten/kota dalam wilayah barat selatan (Barsela) menggelar event ini untuk memperkenalkan potensi wisata, budaya, dan ekonomi kreatif dari masing-masing daerah.

Adapun kedelapan daerah di wilayah Barsela ini meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Singkil dan Simeulue. “Kita tahu di sini (Barsela) banyak sekali potensi untuk mengundang wisatawan. Dengan adanya festival ini kita harapkan pemerintahan maupun masyarakat di delapan daerah dalam wilayah barat selatan Aceh semakin serius dalam menciptakan serta mempromosikan objek wisata maupun produk ekonomi kreatif,” ujar Almuniza.

Almuniza menambahkan, Festival Pesona Barat Selatan merupakan salah satu event unggulan pariwisata Aceh yang masuk dalam kalender event Khazanah Piasan Nanggroe atau CoE Aceh 2022.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRA Safaruddin mengatakan, legislatif Aceh sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat memajukan daerah, seperti Festival Pesona Barat Selatan yang bertujuan mendongkrak perekonomian daerah-daerah yang masuk dalam wilayah Barsela.

“Dengan digelarnya festival ini oleh Disbudpar Aceh, kita berharap objek wisata di wilayah barat selatan Aceh tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga dapat membangkitkan ekonomi rakyat,” tuturnya.

Artikel asli : https://kumparan.com/acehkini/kadisbudpar-aceh-saat-festival-pesona-barat-selatan-seriuslah-promosi-wisata-1ylD24cHVpd/full

logo