Kabar Baik dari MotoGP Mandalika: Homestay Penuh, Taksi Online Panen

Kemenparekraf gandeng komunitas otomotif gaungkan desa wisata Lombok
March 18, 2022
Perputaran Uang UMKM Kuliner di MotoGP Mandalika Ditaksir Capai Rp100 Miliar
March 21, 2022

Kumparan.com / kumparanBISNIS/21 Maret 2022, 0:25 WIB

Gelaran  di Pertamina  International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), berakhir Minggu (20/3). Kegiatan internasional bidang otomotif itu, disebut membawa kabar baik bagi pemulihan ekonomi pascapandemi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, , mengatakan kebijakan pemerintah mengadakan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Mandalika terbukti tepat. Khususnya dari segi nilai tambah ekonomi dari kegiatan tersebut, termasuk bagi masyarakat setempat.

“Keberhasilan dari event ini mampu memberikan dampak luas terhadap masyarakat, sehingga mampu menggerakkan ekonomi dengan semakin terbukanya lapangan kerja,” kata Sandiaga di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3) malam.

Sandiaga menceritakan, ada seorang pemilik homestay yang bernama Hajah Salamiah, telah tinggal di kawasan Mandalika selama 40 tahun. Namun, belum banyak orang yang datang memesan tempat penginapannya.

“Berkat adanya MotoGP 2022, semua kamar di homestay miliknya di , dipesan penuh selama seminggu ini,” ujarnya.

Informasi yang diperoleh kumparan, tak hanya homestay yang penuh, tapi juga hotel berbintang. Baik di sekitar kawasan Mandalika dan Lombok Tengah, hingga ke Mataram dan Pantai Senggigi. Lonjakan permintaan kamar, membuat pengelola punya kesempatan menaikkan harga.

Sementara itu, sektor transportasi yang diusahakan warga juga kecipratan berkah. Bahkan, kata Sandiaga, dia menjumpai seorang sopir  yang pada Minggu (20/3) pagi sudah mendapat penghasilan lebih dari Rp 1,8 juta.

“Ini luar biasa dampaknya dan ke depan akan kita terus perbaiki, sehingga event-event selanjutnya akan lebih lancar, lebih bermanfaat. Saya mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu terselenggaranya MotoGP ini,” tutur Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengapresiasi keberhasilan berbagai pihak atas suksesnya penyelenggaraan ajang balap internasional tersebut. Mulai dari kementerian/lembaga, industri, dan pihak-pihak lainnya termasuk dukungan masyarakat.

Pembalap yang memenangi  2022 Miguel Oliviera disebut telah memberikan tanggapan positif atas keramahtamahan dari staf hotel tempat pembalap itu tinggal.

“Jadi ini terbukti bahwa pelatihan yang kami lakukan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama sumber daya manusia sudah membuahkan hasil,” ujar  Sandiaga.

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparanbisnis/kabar-baik-dari-motogp-mandalika-homestay-penuh-taksi-online-panen-1xivDqHLu92/full

Attachments

logo