Jokowi Gembira Pariwisata Mulai Bangkit: Pandemi COVID-19 Mereda

Pariwisata Bangkit, Pertunjukan Tari Kecak Dipadati Ribuan Wisatawan Mancanegara
September 27, 2022
Traveloka Dukung Implementasi 5 Pilar Aksi Tourism Working Group G20
September 27, 2022

Kumparan.com / kumparanNEWS/ 27 September 2022, 12:45 WIB

Presiden Jokowi mengucapkan selamat datang di Bali kepada seluruh peserta World Tourism Day yang digelar di Bali Nusa Dua. Acara ini digelar oleh World Tourism Organization (UNWTO) dan Indonesia didaulat sebagai tuan rumah tahun ini.

“Kita semuanya menyambut gembira kebangkitan pariwisata yang sudah mulai terasa,” kata Jokowi dalam sambutannya secara virtual, Selasa (27/9).

Ia lalu memaparkan, jumlah kedatangan wisatawan internasional yang datang ke Indonesia di awal tahun ini mencapai dua kali lipat dibanding 2021.

“Pola yang sama juga terjadi di seluruh dunia, ini menandakan bahwa konektivitas manusia sudah menunjukkan kebangkitan namun walaupun pandemi COVID-19 sudah mulai mereda tantangan global yang mulai dihadapi sektor pariwisata masih banyak,” ungkap Jokowi.

Tantangan itu antara lain: inflasi yang tajam di berbagai negara bahan bakar transportasi yang mahal, konflik geopolitik yang belum selesai serta perubahan iklim yang semakin mempengaruhi semua lini kehidupan masyarakat.

“Semua tantangan itu harus dihadapi dengan kreativitas dengan inovasi dan kerja sama global, pariwisata harus berorientasi pada pertumbuhan ekonomi dunia yang inklusif dan berkelanjutan, harus berwawasan alam lingkungan dan berkelanjutan, harus melestarikan budaya-budaya lokal dan harus melibatkan peran aktif masyarakat lokal,” beber Jokowi.

Tema hari Pariwisata dunia kali ini adalah Rethingking Tourism, tema ini selaras dengan tema presidensi G-20 Indonesia yaitu recover together, recover stronger.

“Kita harus memikirkan ulang bagaimana sektor pariwisata dapat menjadi lebih tangguh dan lebih dapat mensejahterakan masyarakat. Kita juga harus mengedepankan kebangkitan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” tandas Jokowi.

Hadir dalam kesempatan itu Sekjen UNWTO Zurab Pololikashvili dan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno.

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparannews/jokowi-gembira-pariwisata-mulai-bangkit-pandemi-covid-19-mereda-1ywJW8ASlrN/full

logo