Intip Homestay di Kawasan Pariwisata dari KemenPUPR, Harga Mulai Rp 200 ribu

Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (17 Januari 2022)
January 17, 2022
Perhelatan MotoGP Mandalika Dorong Industri Hotel Bangkit
January 17, 2022

Kumparan.com / Kabar Bisnis / 17 Januari 2022, 11:25 WIB

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) gencar meningkatkan kualitas Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di sejumlah kawasan wisata di Indonesia. Salah satunya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Pembangunan Sarhunta merupakan bentuk dukungan Kementerian PUPR untuk mendorong kunjungan wisatawan di wilayah tersebut. Hal ini tentunya disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno yang beberapa waktu lalu mengunjungi salah satu hunian bernama “Homestay Sahir”.

Sandi Uno mengunggah kunjungannya ke Homestay Sahir lewat akun Instagram miliknya @sandiuno, Minggu (16/1). Saat kunjungan, ia berbincang dengan pemilik homestay tersebut sambil menyusuri fasilitas yang tersedia di dalamnya.

“Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan Pak Sahir yang bercerita bahwa Sarhunta (Sarana hunian pariwisata) atau homestay yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR,” tulis Sandi Uno dalam postingan tersebut.

Sahir, sang pemilik homestay sebelumnya telah mengajukan pernyataan terkait kendala operasional homestay-nya. Saat pelatihan di Balkondes Tuksongo, ia mengatakan belum ada kelengkapan fasilitas sehingga homestay belum bisa dijadikan tempat hunian wisatawan.

Untuk itu, pihak Sandi segera berkoordinasi dengan KemenPUPR untuk mengambil alih penyediaan fasilitas dan segera melengkapi kebutuhan untuk Homestay Sahir ini. Setelah rampung, Sandi mengunjungi dan memantau langsung fasilitas yang telah dipasang sesuai dengan standarisasi kebutuhan wisatawan.

Kini Homestay Sahir sudah memiliki kelengkapan seperti tempat tidur, kasur, TV, air hangat, AC, lengkap dengan lemari dan peralatan ibadah. Dengan kelengkapan tersebut harga yang dikenakan Rp 200.000 termasuk sarapan dan kopi.

“Semoga ke depan dengan semakin meningkatnya masyarakat yang berkunjung ke Candi Mendut serta Borobudur, ekonomi bangkit dan lapangan kerja tercipta seluas-luasnya,” ujar Sandi.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kabar-bisnis/intip-homestay-di-kawasan-pariwisata-dari-kemenpupr-harga-mulai-rp-200-ribu-1xK8dGLtYFf/full

logo