Inovasi di Industri Pariwisata, Atourin Luncurkan Produk dan Layanan Baru

ITDC laksanakan vaksinasi booster bagi pekerja pariwisata The Nusa Dua
February 9, 2022
Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (10 Februari 2022)
February 10, 2022

Kumparan.com Konten dari Pengguna Reper / 10 Februari 2022, 8:17 WIB

Menghadapi pandemi sejak awal tahun 2020, Atourin muncul dengan inovasi teknologi berupa wisata virtual (virtual traveling) sebagai solusi untuk mendukung pelaku pariwisata, seperti pemandu wisata, agar tetap dapat memiliki aktivitas dan mata pencahariannya. Selain itu, metode ini tetap dapat memperkenalkan destinasi wisata kepada wisatawan domestik maupun mancanegara secara virtual. Atourin melalui Atourin Academy memberikan jasa pelatihan dan pendampingan wisata virtual secara online kepada pelaku pariwisata di seluruh Indonesia yang didukung baik oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang dilanjutkan dengan penyelenggaran aktivitas wisata virtual di destinasi tempat pemandu wisata tersebut berada.

“Inisiasi Atourin tersebut mendapatkan respon positif karena telah memberikan manfaat serta dampak positif kepada pelaku pariwisata agar dapat bertahan di kala pandemi. Hingga saat ini, terhitung lebih dari 350 wisata virtual telah diselenggarakan oleh Atourin yang berkolaborasi dengan pelaku pariwisata lokal di seluruh Indonesia. Lalu, lebih dari 3.000 wisatawan virtual yang telah dibawa untuk menikmati keindahan destinasi wisata di Indonesia secara virtual. Selain itu, lebih dari 2.000 pelaku pariwisata telah menjadi alumni pelatihan wisata virtual ini, di antaranya juga tercatat lebih dari 130 desa wisata telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara online maupun offline.”, jelas Reza Permadi sebagai COO (Chief Operating Officer) Atourin.

Muchdlir Zauhariy selaku CFPO (Chief Financial & Partnership) Atourin menginformasikan bahwa sudah hampir dua tahun ini Atourin menyediakan jasa wisata virtual secara private untuk perusahaan yang membutuhkan outing karyawannya maupun sekolah yang membutuhkan field trip siswanya. Baik ke destinasi dalam negeri maupun luar negeri sesuai dengan permintaan yang dipandu langsung oleh pemandu wisata local dengan total lebih dari 350 wisata virtual. Di samping itu, untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia, Atourin juga menyediakan jasa pelatihan untuk pembuatan paket wisata, hospitality yang baik dan benar, fotografi dan videografi, serta digital marketing untuk pelaku pariwisata di seluruh Indonesia.

Atourin terus melakukan berbagai inovasi sampai di penghujung tahun 2021. Atourin melakukan pengembangan pengalaman wisata virtualnya dengan memanfaatkan teknologi virtual reality (VR) dengan memanfaatkan media 360o yang dapat dirasakan dengan menggunakan VR Box atau VR Cardboard, sehingga wisatawan virtual dapat melakukan pencarian informasi wisata dari rumah masing-masing namun seolah-olah berada langsung di lokasi. VR bisa menjadi solusi atau media alternatif untuk memberikan pengalaman wisata baik di kala pandemi atau di kondisi normal.

Pada awal tahun 2022 ini, Atourin merilis inovasi produk digital baru kepada masyarakat. Ada 3 produk yang dirilis oleh Atourin untuk mempermudah wisatawan dan memberikan pengalaman berwisata yang tentunya akan lebih baik lagi.

Pertama, platform Marketplace yang merupakan tempat di mana produk pariwisata dapat diperjualbelikan oleh seluruh pelaku pariwisata di Indonesia. Produk pariwisata yang terdiri dari paket wisata, local experience, dan oleh-oleh atau suvenir lokal tersedia serta dapat ditemukan dengan mudah oleh wisatawan.

Kedua, yaitu fitur Itinerary Creator (kustomisasi rencana perjalanan) di mana memungkinkan wisatawan untuk membuat sendiri itinerary sesuai dengan keinginannya berdasarkan database ribuan obyek wisata yang telah tersedia di sistem Atourin. Itinerary tersebut dapat disimpan dan dibagikan kepada seluruh pengguna Atourin, sehingga platform Atourin dapat menjadi media sosial dari traveler untuk traveler sebagai tempat untuk berbagi referensi dan rekomendasi jalan-jalannya.

Ketiga, Atourin merilis mobile apps yang dapat diunduh secara gratis oleh semua orang di Play Store dan App Store per bulan Januari 2022 ini. Benarivo Triadi Putra selaku CEO (Chief Executive Officer) Atourin menambahkan, “Produk digital ini dibuat agar wisatawan mendapatkan kemudahan melalui fitur-fitur yang dapat membantu pencarian informasi dan perencanaan wisata yang lebih mudah dan menyenangkan. Semoga inovasi yang dilakukan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan, baik dari sisi wisatawan maupun pelaku pariwisata di mana pun berada.”

Artikel asli : https://kumparan.com/rezapermadi/inovasi-di-industri-pariwisata-atourin-luncurkan-produk-dan-layanan-baru-1xTcQRGMV85/full

logo