Indonesia Target Jadi Pusat Fashion Muslim, Tren Busana Syar’i Berkembang

Apresiasi Pemenang FSM, Sandiaga Bangga Sineas Muda Berperan Aktif
March 22, 2022
Pemulihan Sektor Ekonomi, Kota Subulussalam Sukses Gelar Pekan Budaya Barsela
March 23, 2022

Siska Permata Sari · Selasa, 22 Maret 2022 – 15:13:00 WIB

JAKARTA, iNews.id – Tren fashion busana muslim di Indonesia terus berkembang. Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mencanangkan Indonesia menjadi pusat fashion muslim dunia.

Ini melihat potensi besar mulai dari sumber daya manusia, pasar hingga fashion designer berkualitas. Saat ini, Indonesia menjadi negara ketiga konsumen busana muslim terbesar setelah Turki dan Uni Emirates Arab (UEA).

Berdasarkan The State Global Islamic Economy, konsumsi busana muslim di Indonesia berada di angka 20 miliar dolar Amerika Serikat (AS) dengan laju pertumbuhan 18,2 persen per tahun. Tingginya potensi pasar busana muslim telah dibaca pelaku industri kreatif fashion di dalam negeri.

Ini menjadi pemacu pelaku indutri kreatif dan fashion muslim di Indonesia mengembangkan sayap. Prestasi membanggakan terus diukir desainer fashion muslim Indonesia.

Kemenparekraf mencatat beberapa nama yang karyanya telah dikenal hingga mancanegara, antara lain Ria Miranda, Dian Pelangi, Jenahara Nasution dan SiSeSa. Saat ini, SiSeSa telah memiliki 17 butik busana muslim syar’i di sejumlah kota.

Terbaru mereka mengembangkan jaringan di Cirebon, Jawa Barat. Fashion Indonesia ini menampilkan mini fashion show 35 koleksi busana syar’i Indonesia.

“Kami menampilkan mini fashion show. Dress dengan potongan cutting loose dipadupadankan dengan khimar ciri khas SiSeSa. Tidak hanya dress dan khimar, kami juga membuat berbagai aksesoris pendamping, seperti tas, scarf, sunglasses, jam tangan, dan bros untuk memperlengkap pilihan busana syar’i,” ujar Head of Finance and Marcomm SiSeSa, Senaz Nasansia dalam keterangan persnya Selasa (21/3/2022).

Fashion yang diinisiasi Siriz Tentani, Senaz Nasansia, dan Sansa Enandera pada 2011 ini turut memperkenalkan busana muslim Indonesia di mata dunia dengan mengikuti fashion show besar di dalam dan luar negeri. Bahkan, mereka menjadi menjadi co-branding partner busana muslim Indonesia dengan Swarovski Austria.

Editor : Dani M Dahwilani

Artikel asli : https://www.inews.id/lifestyle/muslim/indonesia-target-jadi-pusat-fashion-muslim-tren-busana-syari-berkembang

logo