Indonesia Jadi Tuan Rumah Formula One Power Boat (F1H2O) untuk Pertama Kali, Digelar di Danau Toba

Top! Di Forum World Tourism Day, Angela Tanoesoedibjo Paparkan Upaya RI Perkuat Ekosistem Pariwisata Pascapandemi
September 28, 2022
Turis Asing Kembali Serbu Indonesia, Pelaku Usaha Pariwisata Semringah
September 28, 2022

Inews.id/ Ikhsan Permana SP / 28 September 2022 ,11:42 WIB

JAKARTA, iNews.id – Indonesia untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah ajang balap Formula One Power Boat atau yang dikenal dengan F1H2O. Kompetisi kelas dunia ini akan dilangsungkan di Danau Toba, pada 24-26 Februari 2023.

Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Panjaitan, mengatakan F1H2O seri Indonesia sekaligus menjadi ajang F1H2O pertama di danau vulkanik terbesar di dunia.

Menurut dia, dipilihnya Danau Toba sebagai lokasi penyelenggaraan balap F1H2O menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki kemampuan dan juga infrastruktur yang mumpuni untuk menggelar kegiatan kompetisi balap berkelas dunia.

“Tidak bosan-bosannya saya sampaikan bahwa sebagai negara yang besar, Indonesia akan maju bila ada kerja sama dari seluruh pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, media, sampai masyarakat. Jadi semuanya saling bahu-membahu dan diurus secara holistik,” kata Luhut, dalam keterangan tertulis, Rabu (28/9/2022).

Dia mengungkapkan, penyelenggaraan event berkelas internasional ini dapat mempromosikan destinasi wisata dan memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi daerah tempat destinasi wisata tersebut berada.

Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi pariwisata unggulan di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pada tahun 2019, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di provinsi ini mencapai 258.822 orang. Namun demikian, jumlah ini menurun sangat drastis pada tahun 2021 akibat pandemi Covid-19.

Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) tentunya memerlukan upaya lebih untuk menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara.

Dengan diselenggarakannya F1H2O di Danau Toba, Luhut berharap dapat menarik wisatawan pascapandemi Covid-19, sekaligus mendorong ekonomi dan pariwisata di daerah sekitar dapat tumbuh dan berdampak positif pada masyarakat.

“Saya berharap setelah event ini terselenggara, akan ada multiplier effect serta peningkatan perputaran ekonomi terhadap potensi pariwisata, olahraga, serta ekonomi kreatif di Toba maupun di Indonesia,” ungkap Luhut.

Sementara itu, Wakil II Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo mengungkapkan bahwa saat ini Injourney yang merupakan holding BUMN yang dibentuk untuk sektor pariwisata dan pendukung ditunjuk sebagai penyelenggara event F1H2O. Pemerintah optimis bahwa perhelatan bergengsi ini dapat membawa nama baik Indonesia di kancah internasional.

“Event F1H2O di Danau Toba ini diprediksi akan meraih perhatian sekitar 180 juta impression melalui digital media (termasuk social media dan broadcasting),” kata Wamen BUMN yang akrab disapa Tiko itu.

Sementara untuk kesiapan infrastruktur yang menunjang gelaran F1H2O, termasuk juga fasilitas untuk meningkatkan daya tarik wisatawan yang akan berkunjung.

Terkait dengan itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti mengungkapkan jajarannya mendukung penuh pembangunan fasilitas yang memadai di Danau Toba sehingga dapat menyukseskan gelaran F1H2O.

“Kami akan mempersiapkan beberapa infrastruktur pendukung seperti wet and dry paddock serta jalan akses. Kami juga berharap melalui koordinasi yang terstruktur dan komunikasi dengan baik, diharapkan event olahraga kelas dunia ini dapat membuat masyarakat Balige dan sekitarnya menikmati fasilitas yang telah disediakan,” tutur Diana.

Editor : Jeanny Aipassa

Artikel asli : https://www.inews.id/finance/bisnis/indonesia-jadi-tuan-rumah-formula-one-power-boat-f1h2o-untuk-pertama-kali-digelar-di-danau-toba

logo