Hotel Kencana Jadi Tempat Karantina Baru Pasien Covid-19 Pati

Mau Liburan di Desa Nglanggeran Saat New Normal? Ini Yang Harus Kamu Perhatikan
June 25, 2020
Siaran Pers : Donasi Terkumpul dari Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia Disalurkan ke Pelaku Pariwisata dan Pelaku Parekraf
June 25, 2020

Suaramerdeka.com / Beni Dewa / 25 Juni 2020, 09:24 WIB

 

PATI, suaramerdeka.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati menyiapkan tempat baru sebagai pengganti Hotel Safin untuk karantina pasien Covid-19. Saat ini penggunaan Hotel Safin sebagai tempat karantina telah berakhir pada 20 Juni.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan sebagai tempat karantina baru, Hotel Kencana bisa menampung 94 kamar. Tim gugus telah bekerja sama untuk periode dari 10 Juni lalu hingga 20 Agustus mendatang.

‘’Semua disediakan pemerintah gratis jadi tidak ada beban kepada warga yang dikarantina. Sekarang ini sudah ada yang ditempatkan disana. Total ada 30 orang sedangkan yang sudah diperbolehkan pulang sembilan orang sehingga masih 21 orang lagi,’’ kata Budi.

Selanjutnya, setelah rampung untuk lokasi karantina, tim Dinas Kesehatan melakukan rapid test terhadap para karyawan dan petugas Hotel Safin yang menangani pasien Covid-19. Hasil tes cepat semua nonreaktif atau negatif. ‘’Kami berharap jangan ada diskriminasi atau diasingkan. Semua karyawan sehat. Hotel ini pun sudah dilakukan sterilisasi sehingga sudah aman,’’ kata Kepala BPBD saat bersama manajemen Hotel Safin saat menggelar konferensi pers.

Ditambahkan, selama masa karantina di Hotel Safin, tercatat total 176 pasien sejak 20 April. Dari jumlah itu tercatat 17 orang positif Covid-19, semua dinyatakan sembuh. ‘’Kami tentu bersyukur. Ini menjadi langkah pemkab untuk menyediakan tempat karantina. Bagaimana jika orang yang positif tersebut tidak diisolasi sehingga berpotensi penularan yang lebih luas,’’ kata Budi.

General Manager The Safin Hotel, Udi Martono mengatakan setelah Hotel Safin rampung untuk karantina, tim Dinas Kesehatan telah datang melakukan sterilisasi secara menyeluruh. Mulai dari kamar, lobi, hingga kawasan hotel sepenuhnya. ‘’Proses sterilisasi dilakukan pada 22 Juni. Sekarang ini sudah dinyatakan steril dan diterbitkan surat,’’ kata Martono.

 

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/regional/muria/232497-hotel-kencana-jadi-tempat-karantina-baru-pasien-covid-19-pati

logo