Hore, Pemerintah Izinkan Bioskop Boleh Jual Makanan dan Minuman Lagi

Dinas Pariwisata Kobar Dorong Pelaku Usaha Miliki Sertifikat CHSE
October 4, 2021
Bali Siap Sambut Pembukaan Penerbangan Internasional pada 14 Oktober 2021
October 4, 2021

Medcom.id / Suci Sedya Utami / 04 Oktober 2021, 18:33 WIB

Jakarta: Pemerintah memperbolehkan bioskop untuk kembali menjual makanan dan minuman. Kebijakan ini hanya berlaku di kota-kota dengan penerapan PPKM level tiga, dua dan satu.

“Counter makanan dan minuman didalam bioskop diperbolehkan buka namun kapasitas bioskop tetap diberlakukan 50 persen,” kata Menko Maritim dan Investasi (Marves) sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers evaluasi PPKM secara virtual, Senin, 4 Oktober 2021.

Menurut Luhut, relaksasi kebijakan ini tidak terlepas dari perkembangan kasus covid-19 di tanah air. Ia melaporkan, situasi pandemi covid-19 terus menunjukkan perbaikan selama dua minggu terakhir. Kasus konfirmasi nasional turun 98 persen dan kasus konfirmasi jawa bali juga menunjukan penurunan hingga 98,7 peraen dari puncaknya pada 15 Juli lalu.

Tingkat reproduksi efektif di Jawa Bali juga sudah berada di bawah satu dan khusus untuk Bali masih di angka satu. Selain itu, jumlah testing yang dilakukan perhari terus mengalami peningkatan sehingga dapat menurunkan tingkat positivity rate yang sudah berada di bawah satu.

Syarat minimum cakupan vaksinasi lansia  untuk penurunan level PPKM dari level tiga ke dua dan dua ke satu yang diberlakukan sejak 13 September 2021 mampu meningkatkan kecepatan vaksinasi lansia di Jawa Bali secara signifikan. Saat ini tingkat vaksinasi dosis satu untuk Jawa Bali sudah mencapai 37 persen per 30 Sept 2021, naik hampir lima persen dari 13 Sept 2021.

Lebih lanjut Luhut mengatakan, dalam penerapan PPKM level selama dua minggu ke depan, terdapat 20 Kabupaten/Kota yang bertahan di level dua. Sementara untuk yang di level tiga bertambah dari 84 Kabupaten/Kota menjadi 107 Kabupaten/Kota karena kota-kota di level dua yang sebelumnya mendapat dispensasi belum mampu mencapai target cakupan vaksinasi.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif telah menerbitkan surat edaran nomor 2/HK.00.02/DEDPK/2021 terkait uji coba pembukaan kembali usaha bioskop.

Dalam surat edaran mempersyaratkan beberapa ketentuan yang wajib yang harus dilakukan oleh pelaku usaha bioskop dalam uji coba pembukaan ini. Salah satu syarat yakni melarang pengunjung berusia di bawah 12 tahun untuk masuk ke bioskop.

“Pengunjung usia Syarat lainnya yakni perusahaan yang menjalankan usaha bioskop wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. Selain itu, kapasitas maksimal 50 persen dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk,” jelas surat edaran yang masih diberlakukan itu.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/0k84PwOk-hore-pemerintah-izinkan-bioskop-boleh-jual-makanan-dan-minuman-lagi

logo