Gubernur Ridwan Kamil Siapkan 18 Hotel untuk Isolasi Pasien OTG

NTB Dorong Investor Melibatkan UMKM untuk Pemberdayaan Ekonomi
September 29, 2020
Pengunjung Hotel di Yogyakarta Wajib Isi Data Diri Lewat Aplikasi
September 29, 2020

Suaramerdeka.com / Viva / 29 September 2020 ,10:34 WIB

BANDUNG, suaramerdeka.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah menyiapkan 18 hotel untuk menjadi tempat isolasi orang tanpa gejala (OTG) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

15 hotel disiapkan dan berlokasi di Bandung raya, sedangkan tiga hotel berada di kawasan Bodebek (Bogor, Depok, dan Bekasi).

“Dalam rangka pengisolasian OTG, sedang dikoordinasikan ada 15 hotel di Bandung Raya dan tiga hotel sementara di Bodebek yang akan dipergunakan untuk isolasi,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (29/9).

Ridwan Kamil mengatakan, ketersediaan fasilitas hotel ini didanai pemerintah pusat. Namun, Ridwan Kamil mempertanyakan klasifikasi hotel yang akan digunakan.

“Yang bayarnya itu pemerintah pusat, jadi koordinasinya tidak bisa kami putuskan langsung untuk memastikan juga kontraknya gimana? Harganya gimana,” ujarnya.

Terlebih lanjut Ridwan Kamil, hotel yang digunakan berada dalam kondisi siap bekerjasama menangani pasien COVID-19. “Kasihan hotel yang sudah siap, karena meng-cancel tamu – tamu umum,” lanjutnya.

Seperti diketahui, pemerintah menggandeng sejumlah hotel untuk isolasi pasien positif covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Kerja sama telah terbentuk di lima daerah dengan kasus positif covid-19 tertinggi di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio menyebut, pemerintah menganggarkan sebesar Rp100 miliar untuk kerja sama tersebut. Kemenparekraf menyiapkan anggaran sebesar Rp100 miliar untuk menyiapkan akomodasi setara hotel bintang 3 termasuk fasilitas makan minum dan laundry tiap harinya bagi tiap pasien Covid-19.

Untuk tahap awal, pemerintah memprioritaskan hotel di Jakarta dan Bali. Kemudian menyusul di Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan.

Sementara ini hotel yang secara protokol kesehatan sudah siap adalah Yellow Hotel, Ibis Hotel, Pop Hotel, Mercure Hotel, dan Novotel untuk Jabodetabek. Lalu ada Ibis Kuta Bali dan Novotel Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/news/nasional/241979-gubernur-ridwan-kamil-siapkan-18-hotel-untuk-isolasi-pasien-otg

logo
Hubungi Kami