Grab Bermitra dengan Pemprov Sulsel Pulihkan Pariwisata

Siaran Pers : Kampung Warna-Warni Tigarihit Jadi Destinasi Wisata Baru di Danau Toba
August 19, 2020
Masuk Objek Wisata Sleman Wajib Reservasi via Visiting Jogja
August 19, 2020

Cnnindonesia.com/ CNN Indonesia / 19 Agustus 2020, 13:27 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Grab pekan lalu mengumumkan kerja sama strategis dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar untuk mendorong lebih banyak usahawan tradisional masuk dalam digitalisasi.

Head of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya mengatakan pihaknya akan menerapkan program #TerusUsaha guna mempercepat digitalisasi UMKM Sulawesi Selatan, seperti yang telah dilakukan di berbagai kota-kota besar di Indonesia sebelumnya.

“Program #TerusUsaha ini sejalan dengan komitmen jangka panjang GrabForGood untuk membawa lebih banyak dampak positif dari teknologi. Solusi digitalisasi yang dihadirkan ini bukan hanya dapat membantu pelaku UMKM untuk bangkit, tapi juga mendorong munculnya UMKM baru di Sulawesi Selatan agar dapat memberikan kontribusi besar untuk perekonomian daerah,” ujar Halim berdasarkan keterangan resmi, Makassar, Kamis (13/8).

Halim melanjutkan, kemitraan yang akan dijalankan dalam waktu dekat itu sekaligus mendukung pemulihan sektor pariwisata yang di-breakdown melalui poin-poin kerja sama.

“Kami juga bangga dapat segera bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota menghadirkan 16 solusi terintegrasi dalam waktu dekat. Kami berharap akan lebih banyak UMKM dan bisnis tradisional bertahan dan bertumbuh lewat berbagai solusi konkret ini,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi program #TerusUsaha di Sulawesi Selatan, apalagi di tengah masa sulit akibat pandemi seperti ini. Dukungan kepada UMKM menjadi sebuah keharusan karena merekalah tulang punggung dari perekonomian.

Andi berharap, dengan hadirnya solusi digitalisasi oleh Grab lebih banyak UMKM yang bisa terus meningkatkan transaksi mereka di tengah pandemi.

“Kerja sama dengan Grab kami percaya bisa membawa dampak positif untuk perekonomian lokal dan nasional dalam waktu dekat,” ujarnya.

 

Wujud kerja sama Grab dan Pemerintah Kota Makassar dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai berikut.

 

  • Digitalisasi 13.500 Pedagang Pasar Tradisional: Grab bermitra dengan PD Pasar Jaya untuk mendigitalisasi 16 pasar tradisional basah di Makassar melalui GrabAssistant.
  • Promosi Digital Pariwisata Lokal: Bekerja sama dengan pemerintah kota, wisatawan bisa melihat rekomendasi wisata termasuk rumah makan untuk mencicipi kuliner lokal, serta menemukan informasi yang berhubungan dengan atraksi wisata dan budaya di Sulawesi Selatan melalui aplikasi Grab.
  • Pelatihan dan Digitalisasi UMKM Sulawesi Selatan: Bekerja sama dengan pemerintah provinsi, Grab akan memberikan pelatihan virtual dan mendigitalisasi 1.000 UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan.
  • Digitalisasi Pedagang Kantin agar siap sambut New Normal: Grab menyambut ratusan UMKM dan pedagang makanan kantin di Kanrerong dan Losari sebagai mitra merchant GrabFood. Mereka juga akan diberi pelatihan melalui GrabAcademy untuk meningkatkan pengetahuan digital.

Artikel Asli : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200813152219-190-535366/grab-bermitra-dengan-pemprov-sulsel-pulihkan-pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami