Siaran Pers : Kemenparekraf Gelar Product Update Pariwisata untuk Pasar Australia
June 17, 2020
Siaran Pers : Menparekraf Koordinasi dengan Pemda Pastikan Kesiapan Pariwisata Bali Implementasikan Protokol Kesehatan
June 17, 2020

Medcom.Id / Agus Utantoro /  17 Juni 2020 , 10:38   WIB

 

Yogyakarta: Pengelola kebun binatang Gembira Loka (GLZoo), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terus mematangkan persiapan penerapan protokol kesehatan menghadapi era kenormalan baru. GLZoo memilih untuk tak buru-buru membuka objek wisata itu untuk umum.

Direktur Utama GLZoo, KMT A Tirtodiprojo, menjelaskan pihaknya berusaha agar penerapan protokol kesehatan nantinya tidak akan mengurangi kenyamanan pengunjung dan karyawan.

“Saat ini manajemen GL Zoo tengah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) terakhir. Sehingga nantinya ketika Pemprov DIY menerapkan new normal, GLZoo sudah siap buka kembali melayani pengunjung,” kata Tirtodiprojo, Rabu, 17 Juni 2020.

Ia mengatakan, GLZoo akan berhati-hati dan tidak tergesa-gesa membuka layanan untuk menerima kunjungan wisata. Objek wisata GLZoo tutup sementara bagi pengunjung sejak 22 Maret lalu hingga saat ini.

“Penutupan diperpanjang hingga akhir Juni,” lanjut dia.

Tirto menambahkan kalaupun pemerintah akan menerapkan new normal, manajemen GL Zoo tidak akan menganggap enteng dengan asal buka. Persiapan penerapan new normal antara lain memasang peralatan cuci tangan, pengaturan jaga jarak pengunjung, penyiapan petugas lapangan, serta persiapan sarana-prasarana lain. Pengunjung juga akan mendapatkan sarung tangan plastik yang harus dikenakan selama berada di kawasan objek wisata.

Ia menambahkan, sarung tangan plastik ini akan menjadi pengingat agar tidak sering-sering memegang permukaan benda yang kemungkinan tercemar virus.

“Di sisi lain, kami juga akan terus menerus mengingatkan pengunjung untuk membersihkan tangan,” tambahnya.

Selain itu, Manajemen GLZoo akan membatasi jumlah wisatawan yang masuk pada satu kurun waktu tertentu. Pada awal buka nantinya, GLZoo akan membatasi pengunjung yang masuk maksimal 2.500 orang.

Di fase pertama ini pula, tidak semua wahana akan dibuka. Ia mencontohkan, ruang pajang ikan hias dalam akuarium yang berada dalam ruangan belum akan dibuka untuk kunjungan wisata.

“Juga wahana gajah tunggang dan unta tunggang juga belum akan dibuka untuk mengurangi sentuhan. Termasuk pertunjukan Presentasi Edukasi Satwa (PES) Aves dan pentas PES Mamalia juga belum akan digelar untuk menghindari kerumunan pengunjung,” tegasnya.

 

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/VNnX0e7k-gembira-loka-matangkan-persiapan-kenormalan-baru

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami