Gelaran Mode Virtual NUFF 2020 Disaksikan 2 Juta Penonton

Siaran Pers : Kemenparekraf Dorong Pulihkan Pariwisata Kaltim lewat “Derawan Rebound”
September 17, 2020
Setara Hotel Bintang 3, Pemerintah Siapkan Tempat Karantina Khusus Pasien Corona Tanpa Gejala
September 18, 2020

Sindonews.com/Diana Rafikasari/Diterbitkan 19 September 2020, pukul 02.08 WIB

JAKARTA – Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 merupakan gelaran mode virtual terbesar pertama di Indonesia. Acara ini sukses diselenggarakan sepanjang Agustus 2020.

NUFF merupakan inisiatif Kementerian BUMN melalui Bank BRI guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan lebih dari 300 kolaborator ikut ambil bagian dalam memperlihatkan kualitas dan inovasi produk mode Tanah Air.

Keseluruhan kegiatan kolaboratif ini bertujuan untuk merevitalisasi bisnis industri mode nasional dan sukses menuai dukungan positif dari masyarakat pecinta mode di Indonesia. Sepanjang acara berlangsung, NUFF 2020 telah disaksikan oleh 2.208.266 viewers yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Hal ini merupakan indikasi yang menggembirakan bagi industri mode Indonesia, di tengah masa yang menantang ini.

“Nusantara Fashion Festival 2020 merupakan kolaborasi dari 300 desainer, UMKM dan pegiat fashion Indonesia untuk menyemarakkan HUT Indonesia ke-75. Karya-karya anak bangsa memiliki desain dan kualitas yang tidak kalah dengan produk asing. Mari kita support hasil UMKM, fashion lokal dengan makin sering membeli barang-barang lokal. Bangga Buatan Indonesia,” kata Erick Thohir selaku Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/Menteri Kementerian BUMN.

NUFF 2020 hadir dengan misi khusus memperkenalkan ragam hasil karya mode Tanah Air bagi masyarakat Indonesia. Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani mengungkapkan bahwa animo masyarakat terhadap NUFF 2020 sangat luar biasa dan diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat Indonesia akan produk mode lokal.

“NUFF 2020 mungkin telah berakhir, tapi kami percaya semangat masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk lokal akan terus berkembang,” ungkap Handayani dakam keterangan resmi yang diterima SINDOnews, Jumat (18/9).

Dilaksanakan selama satu bulan, NUFF 2020 memberikan pengalaman virtual terbaik bagi penonton. Hadir secara live stream, rangkaian kegiatan NUFF 2020 dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara. Mempersembahkan ruang diskusi terkait mode bersama pembicara dengan latar belakang beragam.

NUFF 2020 menampilkan karya presentasi mode digital karya 75 Desainer dan UMKM mode Tanah Air dan juga kolaborasi 20 seniman bersama brand dan perancang mode dalam melelang 10 karya eksklusif terbatas guna membantu UMKM mode yang terdampak. NUFF 2020 telah berhasil memperlihatkan semangat dalam beradaptasi bagi penggiat mode untuk tetap berkarya dan berdaya.

“NUFF 2020 memaksimalkan ekosistem digital untuk menjadi wadah presentasi mode Indonesia. Kami menjadi penggerak bagi industri mode untuk kembali bangkit dan mempresentasikan karya mereka,” jelas Ben Soebiakto selaku CEO Samara Media & Entertainment.

Pada tanggal 16 – 31 Agustus 2020 NUFF 2020 juga menggelar Charity Auction. Melalui lelang virtual ini, berhasil mendapatkan dana sebesar Rp100.586.000. Seluruh dana yang dikumpulkan diserahkan kepada Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), guna mendukung pengembangan UMKM mode di 5 daerah wisata di Indonesia.

Diharapkan masyarakat lebih mengenal keanekaragaman karya industri mode Indonesia. Selain itu diharapkan semangat Bangga Buatan Indonesia tidak berhenti sampai disini. “Kami harap masyarakat Indonesia mendukung gerakan #LokalTiapHari dengan menggunakan dan membeli produk lokal setiap harinya. Melalui gerakan sederhana ini, kita bisa sungguh berkontribusi bagi perkembangan ekonomi negara,” tutup Ben.

(tdy)

Artikel Asli: https://lifestyle.sindonews.com/read/168996/186/gelaran-mode-virtual-nuff-2020-disaksikan-2-juta-penonton-1600420189

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami