Garin Nugroho Gelar Lokakarya Virtual tentang Penyutradaraan

Archipelago International Lakukan Rapid Test Covid-19 untuk Seluruh Karyawan
June 8, 2020
Tren pemesanan hotel jelang normal baru, durasi menginap makin panjang
June 8, 2020

Medcom.Id / Dhaifurrakhman Abas / 08 Juni 2020 ,15:48  WIB

 

Jakarta: Galeri Indonesia Kaya (GIK) menghadirkan Workshop virtual Ruang Kreatif bersama sineas Garin Nugroho. Agenda digelar bertujuan untuk menumbuhkan bakat seniman-seniman muda di bidang seni pertunjukan Indonesia.

“Workshop Online Ruang Kreatif ini membuka kesempatan dan memudahkan para seniman muda di berbagai daerah di Indonesia untuk ikut berpartisipasi,” kata Garin Nugroho di Jakarta, seperti diberitakan Antara, Senin 8 Juni 2020.

Meski diselenggarakan secara virtual, lata Garin, para seniman bisa berbagi ilmu dan pengalaman tentang cara mengolah ide kreatif dan penyutradaraan dalam sebuah pertunjukan. Terkhusus di situasi pandemi virus korona.

“Program ini bermanfaat dalam mengisi masa pandemi dengan kegiatan edukatif bagi seniman muda agar tetap menjaga kreativitas dan semangat berkarya agar semakin banyak karya seni yang diciptakan oleh seniman-seniman muda di Indonesia,kata Garin Nugroho.

Sementara itu, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengatakan selain ingin menghadirkan beragam hiburan menarik bagi para penikmat seni yang sedang di rumah, GIK juga ingin mengajak para penikmat seni untuk mengolah kreativitas melalui workshop-workshop online.

“Kami harap, program Workshop Online Ruang Kreatif ini dapat menjadi meningkatkan kreatifitas dan kemampuan kreator muda seni pertunjukan sehingga regenerasi pelaku seni Indonesia dapat berjalan dengan baik,” kata Renita.

Pendaftaran workshop berlangsung pada 10-18 Mei 2020 diikuti 205 pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia. Workshop Online Ruang Kreatif ini berawal dari kompetisi di akun Instagram @indonesia_kaya yang mengajak para penikmat seni untuk mengirimkan proposal dalam bentuk tulisan ide kreatif maksimal 2 halaman.

Dari proposal yang masuk, terpilih 100 peserta dengan ide kreatif terbaik. Para peserta terpilih dapat memilih salah satu tema yang telah disiapkan dengan kapasitas masing-masing 50 peserta. Tema pertama adalah Mengolah Ide Kreatif yang telah diselenggarakan pada Sabtu, 30 Mei 2020 dan tema kedua membahas Dramaturgi Dalam Penyutradaraan yang diselenggarakan pada Sabtu, 6 Juni 2020.

Sebanyak 100 orang peserta terpilih ini merupakan pelaku seni pertunjukan yang berusia 18-35 tahun dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dari Sumatera, para peserta berasal dari Aceh, Binjai, Padang, Palembang, dan Batusangkar. Peserta yang berdomisili di Pulau Jawa dan Bali berasal dari Jabodetabek, Malang, Semarang, Magelang, Sukabumi, Mojokerto, Banyuwangi, Ponorogo, dan Denpasar. Peserta dari Kalimantan berasal dari Samarinda dan Balikpapan. Sedangkan untuk wilayah Sulawesi dan Indonesia Timur diwakilkan oleh peserta dari Kolaka, Polewali, Sumba, Lombok, Makassar, dan Jayapura.

 

Artikel Asli : https://www.medcom.id/hiburan/film/gNQGa7Ok-garin-nugroho-gelar-lokakarya-virtual-tentang-penyutradaraan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami