Gandeng Grab Indonesia, Kemenparekraf Sediakan Transportasi Khusus Tenaga Medis

Kemenparekraf Sediakan Fasilitas Hotel Tambahan untuk Tenaga Medis
May 7, 2020
Cegah Corona Covid-19, Tak Ada Perayaan Waisak di Candi Borobudur dan Mendut
May 7, 2020

Kumparan.com / Konten Redaksi Kumparan / 7 Mei 2020,11:30 WIB

 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Grab Indonesia untuk menyediakan layanan armada roda empat khusus untuk tenaga medis rujukan penangan COVID-19 di Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mengatakan bahwa transportasi tersebut akan mengantar 73 tenaga medis yang bepergian antara Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo dan Hotel Le Meridien.

Wishnutama mengungkapkan bahwa program tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memerangi pandemi virus corona. Terlebih, saat ini masuk masa tanggap darurat dan penanganan serta pencegahan penyebaran virus yang menjadi fokus utama dari pemerintah.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai stakeholder pariwisata yang semakin hari semakin besar, tidak hanya bersama-sama berupaya mencegah penyebaran COVID-19 tapi juga ketahanan industri,” kata Wishnutama sebagaimana dikutip keterangan resmi Kemenparekraf yang diterima kumparan, Rabu (6/5).

 

Wishnutama menekankan bahwa kerja sama ini dilakukan untuk menjaga ketahanan industri pariwisata termasuk para pengemudi, di mana Grab Indonesia selama ini memiliki peran dalam menyediakan alternatif transportasi bagi wisatawan. Dalam kerja sama ini, ia juga menjelaskan Grab Indonesia harus bisa mengikuti standar SOP yang berkaitan dengan pelayanan dan keselamatan penumpang juga pengemudi. Bagi Wishnutama, saat ini, Grab telah memberikan rasa aman bagi mobilitas tenaga kesehatan sesuai dengan SOP yang dianjurkan.

“Kami yakin kolaborasi ini dapat memberikan rasa aman bagi mobilitas petugas medis maupun masyarakat yang membutuhkan di masa pandemi ini serta ke depannya mendukung industri pariwisata Indonesia untuk bangkit kembali,” ujar Wishnutama.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan saat ini semuanya berjuang untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di Indonesia dengan peran masing-masing. Sementara sebagian besar dari kita tinggal di rumah, namun masih banyak masyarakat yang memiliki tugas dan tanggung jawab di luar rumah, termasuk para tenaga kesehatan.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk membantu mobilitas para tenaga medis dalam beristirahat setelah bertugas menangani pasien COVID-19. Kami juga siap untuk bisa mendukung industri pariwisata bangkit,” tutur Ridzki. Selain itu, Kemenparekraf juga bekerja sama dengan Hotel Le Meridien untuk menyediakan akomodasi tambahan untuk 154 tenaga kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Mintoharjo, Jakarta, yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan pemerintah dalam penanganan COVID-19.

Tak hanya soal akomodasi, Kemenparekraf dan pelaku bisnis lainnya juga akan menyediakan fasilitas dan kebutuhan pendukung bagi para tenaga kesehatan selama menginap. Mulai dari binatu untuk pakaian, makanan, serta layanan transportasi dengan Grab pun disediakan setiap harinya bagi para tenaga kesehatan.

 

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/gandeng-grab-indonesia-kemenparekraf-sediakan-transportasi-khusus-tenaga-medis-1tMoLbDTbhT/full

logo