Empat Objek Wisata di Banyumas Dibuka Lagi

6 Kota Favorit di Indonesia yang Bisa Jadi Destinasi Liburan Tahun Baru!
December 15, 2020
Siaran Pers : Pergerakan Masyarakat Diproyeksi Meningkat di Akhir Tahun, Menparekaf Ingatkan Penerapan Prokes Ketat
December 15, 2020

Suaramerdeka.com /Puji Purwanto/ 15 Desember 2020 , 16:30 WIB

PURWOKERTO, suaramerdeka.com – Pemerintah Kabupaten Banyumas membuka lagi empat objek wisata sejak Minggu (13/12). Pembukaan objek wisata tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Keempat objek wisata itu antara lain, Lokawisata Baturraden, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto, Taman Balekemambang dan Museum Pangsar Jendral Soedirman. Sebelumnya, keempat destinasi tersebut sempat ditutup sejak Kamis (26/11) hingga Kamis (10/12) karena kasus penyebaran Covid-19 melonjak.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Asis Kusumandani mengatakan, pembukaan objek wisata yang dikelola Pemkab Banyumas untuk menggeliatkan roda perekonomian para pelaku wisata.

Meskipun dibuka lagi, Asis menekankan bahwa untuk menghindari penyebaran Covid-19 di kawasan objek wisata, pengelola harus mengetatkan penerapan protokol kesehatan. Kuota pengunjung pada setiap objek wisata juga dibatasi.

“Kuota kunjungan di Lokawisata Baturraden dibatasi hanya 1.000 per periode kunjungan. Taman Bale Kemambang, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan dan THR Pangsar Soedirman hanya 200 per periode kunjungan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, untuk objek wisata yang dikelola swasta juga ditekankan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung yang masuk objek wisata harus memakai masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun.

Meskipun demikian, Asis minta pengelola mengaktifkan lagi satgas internal yang sebelumnya telah dibentuk. Anggota satgas akan bertugas mengawasi dan mengingatkan para pengunjung maupun pedagang agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Dari hasil monitoring sebetulnya sudah menerapkan protokol. Tapi kalau seandainya objek wisata itu melanggar protokol kesehatan Covid-19 ya ditutup. Saya berani mengatakan ini karena Perda-nya sudah jelas ada,” tandasnya.

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/regional/banyumas/249742-empat-objek-wisata-di-banyumas-dibuka-lagi

logo