Eksplorasi Masakan Nusantara, Sandiaga Uno: Indonesia Punya Tradisi Kuliner Paling Kaya di Dunia

Desa Tondok Bakaru di Mamasa Masuk 5 Terbaik Desa Wisata Kategori Suvenir
October 31, 2022
Sandiaga Targetkan Investor Suntik Rp800 M di Parapuar Labuan Bajo
October 31, 2022

Inews.id/ Kiki Oktaliani / 31 Oktober 2022, 14:36 WIB

JAKARTA, iNews.id – Kuliner Nusantara dikenal memiliki rasa yang lezat dan khas. Melalui Festival Jajanan Bango (FJB), UMKM bisa mengeksplorasi masakan Nusantara dan dikenalkan hingga mancanegara.

Festival Jajanan Bango (FJB) telah berakhir pada 30 Oktober, 2022, diselenggarakan selama tiga hari di Plaza Parkir Timur, GBK Senayan. Festival kuliner  terbesar ini diinisiasi oleh PT Unilever Indonesia Tbk.

Dalam pelaksanaannya, Festival Bango mendapat sambutan baik dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Menurut Sandiaga, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Unilever Indonesia melalui Bango dalam memperluas pemasaran produk bumbu rempah Indonesia.

“Tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang diangkat di Festival Jajanan Bango kali ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan ragam kuliner bangsa, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner yang paling kaya di dunia,” ujar Sandiaga di Plaza Parkir Timur, GBK Senayan (30/10/2022).

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, kecap merupakan salah satu bumbu yang menjadi ciri khas yang mempersatukan keragaman kuliner Indonesia. Dia mengimbau pelaku kuliner dapat mengeksplorasi kekayaan kuliner Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan UMKM Tanah Air.

“Eksplorasi kekayaan kuliner Indonesia perlu terus dilakukan untuk mendorong citra para UMKM sektor kuliner yang mampu berkontribusi pada perekonomian bangsa,” ujar Sandiaga.

Sandiaga Uno menilai, dengan adanya gelaran festival semacam ini dapat memperkenalkan beragam kuliner autentik milik Indonesia.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan gelaran tahunan Festival Jajanan Bango sebagai salah satu medium yang efektif untuk memperkenalkan aneka kuliner autentik sekaligus sosok-sosok pengusaha UMKM kuliner tradisional yang legendaris kepada masyarakat luas,” kata Sandiaga Uno.

Seperti diketahui sejak masa pandemi yang berlangsung selama dua tahun, semua kegiatan tatap muka dihentikan dan beralih ke sistem daring. Tak terkecuali festival Bango yang sebelumnya juga  diselenggarakan secara online.

“Dua tahun kemarin kita hanya online, dengan kembalinya Festival Jajanan Bango semoga masyarakat luas bisa terobati,” ujar Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia, Tbk, Amaryllis Esti Wijono.

Tak hanya dihadiri oleh Menparekraf Sandiaga Uno, beberapa pejabat seperti Menlu Retno Marsudi, hingga Menhub Budi Karya Sumadi juga turut menghadiri hari terakhir festival jajanan Bango.

Para menteri juga tak mau ketinggalan untuk mencicipi kuliner-kuliner yang ada di FJB. Para pejabat ini turut datang guna mendorong semangat masyarakat untuk kenali, banggakan, dan lestarikan kuliner Indonesia.

Dalam festival ini, Bango menyuguhkan beraneka ragam kuliner hampir dari seluruh daerah di Indonesia dengan total kuliner diketahui sebanyak 90 jenis yang dibagi ke dalam beberapa area, seperti Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

Mulai dari Mie Aceh Seulawah, Sate Padang Ajo Ramon, Soto legendaris Betawi yaitu soto Betawi H. Ma’ruf, hingga Resto Yougwa Danau Sentani Batu Ceper dapat menjadi pengobat rindu para perantau yang mungkin sudah lama tidak bisa pulang ke kampung halaman.

Editor : Vien Dimyati

Artikel asli : https://www.inews.id/travel/kuliner/eksplorasi-masakan-nusantara-sandiaga-uno-indonesia-punya-tradisi-kuliner-paling-kaya-di-dunia/all

logo