Ekowisata Sungai Mudal Diharapkan Sejahterakan Masyarakat Sekitar

Menparekraf Optimistis Usaha Pengolahan Limbah Pohon Kopi Buka Lapangan Kerja Baru
September 14, 2022
Wapres Pamer RI Kembangkan Fesyen Muslim Jadi Produk UMKM di LEMM G20 Bali
September 14, 2022

Kumparan.com/Tugu Jogja/ 14 September 2022, 8:47WIB

Ekowisata Sungai Mudal menjadi salah satu objek wisata di Kulon Progo yang dikelola oleh masyarakat. Belakangan ini, ada peningkatan kunjungan wisatawan setelah terpukul akibat pandemi.

Wisata Sungai Mudal berkembang dan diminati para pengunjung. Destinasi wisata ini juga menyerap sebanyak 60 tenaga kerja lokal sebagai pengurus dan pengelola. Rupanya, wisata ini menjadi salah satu mitra binaan PLN.

“Binaan dari PLN diharapkan dapat membantu mewujudkan program pemerintah yaitu mengentaskan kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” terang Pengelola Wisata Sungai Mudal, Rudi Hastaryo.

Tercatat dari Januari 2022 sampai dengan Agustus 2022 pengunjung Ekowisata Sungai Mudal mencapai 38 ribu orang yang mana meningkat sebanyak 52% dari tahun 2021.

PLN telah mendampingi pengelola Sungai Mudal untuk menjadikannya sebagai ekowisata sejak 2016. Bantuan yang diberikan berupa pembangunan fasilitas pendukung seperti camping ground, tempat duduk, gazebo, pendopo, mushola, toilet, dan kolam pemandian.

“Ekowisata ini milik warga setempat usahakan itu dipertahankan, supaya ekowisata ini tetap berbasis komunitas, sehingga nilai tambah yang diberikan oleh alam sekitar ini dapat memanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Komisaris PLN, Eko Sulistyo.

Artikel asli : https://kumparan.com/tugujogja/ekowisata-sungai-mudal-diharapkan-sejahterakan-masyarakat-sekitar-1yr64aTrvoQ/full

logo