Ekonomi Kreatif dan Potensi Pariwisata Lokal Sebagai Program Prioritas

Siaran Pers : Menparenkraf Tinjau Prokes dan Proyek Perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado
March 5, 2021
Menparekraf Ajak Masyarakat Beli Produk Ekonomi Kreatif Lokal
March 5, 2021

Kumparan.com / Konten ini diproduksi oleh Wawan Kusdiawan / 5 Maret 2021 ,13:34 WIB

Karawang – Ekonomi kreatif dan mengembangkan potensi pariwisata lokal merupakan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Karawang yang disampaikan dalam pidato pertama setelah dilantik pada acara Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang tahun 2021 hari Jumat (5/3/2021). Pada kesempatan tersebut disampaikan juga Visi dan Misi serta Program Prioritas yang menjadi arah pembangunan Kabupaten Karawang dalam lima tahun ke depan.

Bupati dan Wakil Bupati Karawang terpilih hasil pilkada serentak tahun 2020 dilantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada hari ini Jumat (26/2/2021) lalu di Gedung Merdeka Bandung.

Lima Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih ditetapkan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131.32-266 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil pemilihan Kepala Daerah Serentak Kabupaten dan Kota pada Provinsi Jawa Barat.

Apresiasi dan Ucapan Terima Kasih

“Alhamdulillah, ini merupakan kesempatan pertama saya setelah dilantik kembali menjadi Bupati Karawang oleh Gubernur Jawa Barat tanggal 26 Februari 2021. Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Karawang yang memberikan kepercayaan dan amanah sehingga saya terpilih kembali sebagai Bupati Karawang periode 2021-2026”, kata dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengawali pidato perdananya.

“Tak lupa saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada bapak H. Akhmad Zamakhsyari, S.Ag. (kang Jimmy) atas dedikasi dan pengabdiannya selama mendampingi saya sebagai Wakil Bupati Karawang periode 2016 – 2021. Saya sampaikan juga terima kasih kepada KPU dan Bawaslu Karawang yang telah menyelenggarakan pemilu karawang dengan aman dan tertib dengan tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi walaupun dalam kondisi pandemi”,  kata Cellica.

Visi Misi dan Program Prioritas

Dalam kesempatan tersebut Bupati Karawang menyampaikan Visi Misi serta Program Prioritas yang menjadi arah pembangunan Kabupaten Karawang  lima tahun ke depan. “Visi kami yaitu mewujudkan Karawang yang mandiri dan sejahtera untuk semua”, jelas Bupati.

Beliau juga menjelaskan empat misi diantaranya terwujudnya kualitas dan daya saing sumber daya manusia di Kabupaten Karawang, meningkatnya produktivitas dan daya saing ekonomi kerakyatan yang berbasis pada potensi lokal dan ekonomi kreatif, mewujudkan karawang nyaman dan aman dengan membangun infrastruktur strategis dan tata kelola lingkungan hidup yang baik secara berkesinambungan serta terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang berkualitas.

“Visi dan misi ini tidak terlepas dari kondisi saat ini serta tantangan yang akan dihadapi pada masa mendatang pasca pandemi covid-19 diantaranya investasi, pangan, reformasi kesehatan, ekonomi 4.0, ekonomi digital, ekonomi hijau dan pariwisata lokal”, kata Cellica.

Visi dan misi tersebut selanjutnya dijabarkan dalam lima program prioritas pembangunan Kabupaten Karawang yaitu program peningkatan sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, program penguatan ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi lokal serta ekonomi kreatif, program lingkungan hidup yang berkelanjutan, peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim, program pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif dan terpercaya, serta program penguatan infrastruktur penunjang untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. visi dan misi ini akan disempurnakan dan dijabarkan secara rinci dalam rpjmd kabupaten karawang 2021-2026.

Mohon Dukungan dan Doa Restu

Dalam kesempatan tersebut Bupati Karawang meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Karawang agar program pembangunan yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Karawang dapat tercapai.

“Mohon doa restu dari seluruh masyarakat Kabupaten Karawang semoga kepemimpinan kami ke depan bisa berbuat dan berkarya lebih baik. Tentunya dengan kerja sama yang harmonis dengan seluruh unsur dari forum komunikasi pemerintah daerah bersama para kepala perangkat daerah, ormas, orsos, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta seluruh komponen masyarakat. Mari kita bersama-sama membangun Karawang, karena Karawang adalah rumah kita, Karawang milik kita dan Karawang untuk semua”, ajak Bupati.

Pidato Wakil Bupati Karawang

Sementara itu mengawali pidato pertamanya, Wakil Bupati Karawang memperkenalkan diri dan keluarganya. “Saya peribadi dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Karawang yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai Wakil Bupati Karawang mendampingi Ibu dr. Cellica Nurrachadiana. Semoga amanah dan kepercayaan dari masyarakat Karawang ini dapat kami emban, sehingga perwujudan visi, misi dan program prioritas pembangunan dapat tercapai”, kata H. Aep Syaepuloh, SE.

“Seperti yang telah disampaikan Ibu Bupati mengenai visi, misi dan program pembangunan Kabupaten Karawang, tentunya ini menjadi tujuan kami bersama untuk membangun Kabupaten Karawang dalam lima tahun kedepan. Saya bertekad akan membantu Ibu Bupati Karawang untuk menunaikan tujuan kami tersebut”, tambah Aep.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dijelaskan bahwa Wakil Bupati mempunyai tugas membantu Bupati dalam memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan, memantau dan mengevaluasi urusan pemerintah daerah, serta memberikan saran dan pertimbangan kepada Bupati dalam pelaksanaan pemerintahan daerah.

Dalam Rapat Paripurna DPRD tersebut salah satu agendanya adalah penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Tarum Kabupaten Karawang. Dengan ditetapkannya Raperda tersebut Bupati Karawang berharap pelayanan PDAM Karawang kepada masyarakat akan lebih baik, melakukan inovasi pengembangan bisnis, membangun jejaring serta semakin mandiri. (WKN)

Artikel Asli : https://kumparan.com/wawan-kusdiawan/ekonomi-kreatif-dan-potensi-pariwisata-lokal-sebagai-program-prioritas-1vILiV9MzdX/full

logo