Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Meningkat pada 2025

Aspakrindo: Pekerja Blockchain Tumbuh 43% di Juni 2022
August 19, 2022
Mantap! Ironman 70.3 International Triathlon 2022 Digelar di Lombok
August 22, 2022

Medcom.id/  Media Indonesia /19 Agustus 2022, 16:40  WIB

Jakarta: Ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh pesat pada 2025. Diperkirakan pada 2025, pertumbuhan tersebut akan mencapai USD146 miliar atau 40 persen ekonomi digital di Asia Tenggara akan didominasi oleh Indonesia.

Managing Partner of East Ventures Roderick Purwana mengatakan, untuk mencapai target ekonomi digital tersebut, Indonesia harus mempersiapkan berbagai hal terutama dari infrastruktur digital tersebut dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertalenta.

“Yang pertama dari infrastruktur, dalam bidang ini harus ada konektivitas, sekarang ini, 75 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi internet, namun tidak semuanya terkoneksi internet dengan bandwidth yang tinggi,” ujar Roderick Purwana dalam webinar ‘Fenomena Bubble Burst’ secara virtual, Jumat, 19 Agustus 2022.

Maka dari itu, lanjutnya, dengan bandwidth yang sangat tinggi, akses ke daerah dan pemerataan akses konektivitas adalah hal penting yang dilakukan untuk meningkatkan ekonomi digital Indonesia.

Roderick melanjutkan, yang kedua, pemerintah harus mengembangkan lagi SDM di Indonesia agar mampu bersaing dengan negara-negara lainnya.

“Kemampuan-kemampuan SDM kita itu harus ditingkatkan, Indonesia adalah negara besar yang memiliki banyak talenta. Kita perlu mengembangkan talenta digital di Indonesia lebih jauh lagi,” ujarnya.

Selain itu, menurut Roderick, pemerintah juga sudah sangat mendukung ekonomi digital di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Kemudian, ekosistem antara pelaku usaha, founders, dan pemerintah juga sudah saling mendukung satu sama lain.

“Ekosistem antara pelaku usaha, founders, dan pemerintah sudah saling support, ini harus kita pertahankan agar ekonomi digital Indonesia dapat meningkat secara optimal,” pungkasnya.

(FICKY RAMADHAN)

Artikel asli: https://www.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/zNAr7Geb-ekonomi-digital-indonesia-diprediksi-meningkat-pada-2025

logo