Eduwisata Bhinneka wakili Jakpus dalam ajang Desa Wisata Kemenparekraf  

Menparekraf dorong daerah kembangkan inovasi, ekraf dan pariwisata
August 20, 2021
Demi Ekonomi Bangkit, Sandiaga Imbau Masyarakat Patuhi PPKM
August 20, 2021

Antaranews.com / Mentari Dwi Gayati/ 20 Agustus 2021 ,18:40 WIB

 

“diambil 300 desa yang sesuai kriteria. Kita mewakili Jakarta Pusat”

 

Jakarta (ANTARA) – Kampung Eduwisata Bhinneka di RT 14/RW 06 Kebon Kosong, Kemayoran, mewakili Jakarta Pusat (Jakpus) dalam Anugerah Desa Wisata 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Total ada 1.871 desa yang mendaftar. Setelah dikurasi, diambil 300 desa yang sesuai kriteria. Kita mewakili Jakarta Pusat,”  kata Ketua Kelompok Pengelola Kampung Eduwisata Bhineka Kebon Kosong, Joko Sarjono di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, Kebun Eduwisata Bhinneka ini digagas oleh masyarakat dan Pokja PKK RW 06 dan masuk dalam 300 besar desa wisata dari 1.781 desa di seluruh Indonesia yang mendaftar di ajang tersebut.

Khusus DKI Jakarta, ada tiga kotamadya yang lolos dalam 300 besar desa wisata tersebut, yakni Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, serta Kabupaten Kepulauan Seribu.

Joko menjelaskan bahwa nantinya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan melakukan kurasi menjadi 100 hingga 50 desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata 2021.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 (ADWI 2021) merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Kegiatan ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Ada tujuh kriteria yang menjadi penilaian dalam ajang ini, yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), desa digital, suvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, “homestay” dan toilet.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di antaranya berpotensi menjadi desa wisata.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 diharapkan menjadi momen yang tepat untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan secara nasional.

“Melalui desa wisata, akan dijadikan sebagai wadah dan arah dalam menyusun rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia oleh Kementerian Parekraf sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional,” kata Sandiaga dalam akun resmi youtube ADWI 2021.

Editor: Edy Sujatmiko

Artikel Asli : https://www.antaranews.com/berita/2340454/eduwisata-bhinneka-wakili-jakpus-dalam-ajang-desa-wisata-kemenparekraf

logo