E-Codrive, Aplikasi Aman Berkendara di Masa New Normal Karya Mahasiswa UM

GenPi Bintan Siap Bantu Promosi Demi Pariwisata Bintan Bangkit Kembali
October 13, 2020
Menparekraf paparkan cara dapatkan dana hibah pariwisata Rp3,3 triliun
October 13, 2020

Kumparan.com / Andita Eka / 13 Oktober 2020, 16:24 WIB

MALANG – Melakukan aktivitas berkendara selama masa New Normal tentu membutuhkan pembiasaan baru. Tidak hanya menjaga keselamatan selama berkendara, kini ada sejumlah protokol kesehatan COVID-19 yang juga harus dipatuhi pengendara.

Menyikapi hal ini, Tim Bikin Karya Creative Media yang terdiri dari mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yaitu Fitrah Izul Falaq, Andita Eka Wahyuni, Muhammad Zakaria, Nur Fitria, dan Moh Holid, memprakarsai sebuah aplikasi yang akan memberikan panduan secara virtual untuk tetap aman berkendara selama masa New Normal.

Electronic COVID-19 Integrated Drive Maps Zone (E-Codrive) merupakan sebuah aplikasi terpadu yang berperan sebagai media edukasi dan pemandu virtual bagi pengendara.

Aplikasi ini memanfaatkan data sebaran COVID-19 di wilayah sebagai petunjuk rute bagi pengendara untuk menciptakan kondisi aman berlalu lintas dan sesuai protokol kesehatan.

“Sejauh ini data zona sebaran COVID-19 hanya digunakan sebatas statistik dan masyarakat secara umum juga masih sulit dalam menggunakan datanya. Di sisi lain, data ini juga berpeluang untuk memberikan edukasi dalam berkendara,” jelas Ketua Tim Bikin Karya Creative Media, Fitrah Izul Falaq.

Secara garis besar, dia menjelaskan, E-Codrive berfungsi dengan cara memberikan arahan dan edukasi terkait rute yang hendak dilewati. Fungsi ini juga bermanfaat untuk membantu pengendara menghindari area yang masih dikategorikan rawan penyebaran virus COVID-19.

“Jadi sebelum berkendara, pengendara cukup memasukkan daerah asal dan tujuan. Selanjutnya, E-Codrive akan menampilkan status daerah yang berada di rute perjalanannya nanti,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fitrah mengungkapkan, E-Codrive juga dilengkapi fitur lain. Seperti fitur pemeriksaan kesehatan secara mandiri untuk mengecek kesiapan sebelum berkendara.

“Penggunaannya yang mudah dan praktis serta keberadaan aplikasi sejenis yang masih tidak ada menjadi poin utama untuk mengembangkan E-Codrive kedepannya,” klaimnya.

“Kehadiran E-Codrive semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan edukasi secara virtual dan mandiri tentang aman berkendara di tengah kondisi New Normal saat ini,” harapnya.

Artikel Asli : https://kumparan.com/tugumalang/e-codrive-aplikasi-aman-berkendara-di-masa-new-normal-karya-mahasiswa-um-1uNpqHGT6M4/full

logo
Hubungi Kami