Dukung Wisata Medis di Tanah Air, RS Siapkan Layanan Berstandar Internasional

Siaran Pers : Menparekraf Dorong Akselerasi Vaksinasi di DSP Labuan Bajo
September 1, 2021
BPOLBF Jamin Kelestarian 10 Mata Air Hutan Bowosie yang Jadi Kawasan Pariwisata
September 1, 2021

Inews.id/Vien Dimyati/Diterbitkan 1 September pukul 22.34 WIB

JAKARTA, iNews.id –  Wisata medis belakangan ini sedang dikembangkan. Inovasi ini menjadi daya pikat baru wisatawan domestik dan mancanegara untuk menggunakan layanan medis hingga berwisata di Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, layanan kesehatan terutama yang berkaitan dengan wisata medis di Indonesia tidak kalah dengan negara lain.

Sandiaga mengatakan, pihaknya akan mempromosikan potensi dari wisata kesehatan yang dimiliki Indonesia ke wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. “Ini adalah peluang emas, wisata kesehatan dengan total pembelanjaan layanan kesehatan orang Indonesia di luar negeri yang hampir Rp100 triliun ini dapat diambil potensinya oleh industri kesehatan dalam negeri,” kata Sandiaga Uno beberapa waktu lalu.

Apalagi saat ini jumlah rumah sakit unggulan di Indonesia semakin bertambah. Selain itu, Sandiaga menuturkan pihaknya dengan Kemenkes juga telah menerjemahkan komitmen dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) ke dalam Rencana Aksi Nasional (RAN) Pengembangan Wisata Medis.  Usai Diperiksa Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Sandiaga Akan Cek Darah Besok Dengan semakin canggihnya layanan dan teknologi Rumah Sakit yang ada di Indonesia tentu akan menguatkan wisata medis di Indonesia.

Salah satunya Primaya Hospital. Bertepatan dengan ulang tahun ke-15, GE Healthcare dan Primaya Hospital merayakan kerja sama strategis antara kedua belah pihak. Kerjasama GE Healthcare dan Primaya Hospital ditandai dengan instalasi state-of-the-art fasilitas kesehatan mumpuni yang ditujukan sebagai komitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik.

Perlu diketahui Primaya Hospital memiliki lebih dari 75 layanan kesehatan dengan 4 layanan unggulan yang didukung oleh peralatan medis dengan teknologi mutakhir. Layanan unggulan yang disediakan adalah Layanan Jantung & Pembuluh Darah, Layanan Kanker, Layanan Ibu & Anak, Layanan Trauma, serta Orthopedic, Spine, dan Sport Medicine.

Terdapat lebih dari 5.000 – 6.000 tindakan jantung dan pembuluh darah setiap tahunnya dengan tingkat kesuksesan  lebih dari 99,6% di tahun 2020.  Khusus tindakan kanker, melayani lebih dari 4.000 tindakan kanker (operasi dan kemoterapi) setiap tahunnya dengan tingkat kesuksesan 99 persen di tahun 2020.  Primaya Hospital juga membantu lebih dari 4.000 kelahiran anak setiap tahunnya serta diakui sebagai Trauma Center nomor 1 di Jawa Barat dan Kalimantan pada tahun 2020 oleh BPJS Ketenagakerjaan.

CEO Primaya Hospital, Leona A. Karnali mengatakan, saat ini Primaya Hospital telah memiliki 14 cabang rumah sakit yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Semarang, Pangkal Pinang, Palangkaraya, Makassar, dan Sorowako. Sejak mendirikan rumah sakit pertamanya di Tangerang pada 2006 lalu, Primaya Hospital memiliki visi menjadi jaringan pelayanan kesehatan atau rumah sakit terkemuka berstandar internasional.

“Untuk itu, kami senantiasa mengupayakan pelayanan kesehatan secara profesional dengan penuh kepedulian,” kata Leona A. Karnali, melalui keterangan virtualnya belum lama ini. Primaya Hospital telah terakreditasi internasional oleh Joint Commission International (JCI) sebagai wujud komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan pasien. Leona menambahkan, pihaknya bangga bisa meningkatkan kualitas layanan kesehatan dengan state-of-the-art peralatan kesehatan.

Untuk memastikan mutu pelayanan medis yang baik, rumah sakit ini memiliki standar minimal peralatan di setiap cabang rumah sakit.  “Contohnya, di semua cabang pasti memiliki CT Scan dari mulai Jakarta hingga pelosok daerah seperti Sorowako. Layanan-layanan tersebut semakin disempurnakan dengan peralatan canggih. Saya berharap masyarakat dapat semakin memercayakan kebutuhan layanan kesehatannya di sini,” katanya.

Country Director GE Healthcare Indonesia Putty Kartika mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen untuk menyediakan teknologi dan solusi kesehatan ke rumah sakit di Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan keterjangkauan layanan kesehatan di Indonesia. “Melalui kerjasama ini, kami optimistis masyarakat dapat memiliki akses kesehatan terbaik dengan lebih mudah dan terjangkau,” ujarnya.

Artikel Asli: https://www.inews.id/travel/destinasi/dukung-wisata-medis-di-tanah-air-rs-siapkan-layanan-berstandar-internasional/all

logo