Dukung #IndonesiaBerkain, Sandiaga Uno Pakai Batik Motif Mandalika dan Logo G20

Masa Depan Pariwisata Lombok Diprediksi Cerah Usai MotoGP
March 22, 2022
Vaksinasi Dosis 2 Capai 70,38% dari Target Sasaran Vaksinasi Nasional
March 22, 2022

Kumparan.com / kumparanNEWS / 22 Maret 2022, 9:53 WIB

Guna mendukung pengembangan berbasis identitas budaya di Indonesia, Asia Pacific Rayon (APR) dan kelompok pecinta seni budaya, Swara Gembira, berkolaborasi menghadirkan kain batik tulis. Corak kain batik tersebut terinspirasi dari dan logo G20.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), , pun menyambut baik inisiatif swasta dan komunitas industri kreatif yang ikut berkolaborasi dalam berbagai upaya melestarikan tradisi dan budaya Indonesia. Menurutnya, upaya ini juga dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Secara simbolis, kain tersebut diberikan Direktur APR Basrie Kamba serta dua Founder Swara Gembira, Rifan Rahman dan Oi, kepada Sandiaga Uno. Kolaborasi antarsektor ini diharapkan dapat semakin menggalakkan gerakan #IndonesiaBerkain.

“Kain yang saya pakai adalah karya kreatif anak-anak muda Indonesia, yang tidak hanya melestarikan produk fesyen dengan tradisi khas Indonesia namun juga memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungannya. Terima kasih untuk APR dan Swara Gembira yang ikut berkontribusi melestarikan tradisi dan budaya Indonesia ini,” ujar Sandiaga, (21/3).

Kain berbahan serat rayon APR dikenal sebagai salah satu bahan pakaian yang mendukung keberlanjutan karena sifatnya yang terbarukan dan biodegradable. Tak hanya itu, produksi serat rayon ini turut mendukung kampanye #Everything karena bahan dasar untuk produk fesyen ini seluruhnya dihasilkan di Indonesia.

Basrie Kamba berharap, ajakan Menparekraf untuk #IndonesiaBerkain semakin mendorong kebangkitan ekonomi Indonesia dengan melibatkan industri kreatif dan penciptaan lapangan kerja. Ia menambahkan bahwa dukungan APR untuk menggalakkan #IndonesiaBerkain akan terus berlanjut. Selanjutnya, APR akan mendukung penyelenggaraan Pesta Wastra di Jakarta, Surabaya, dan Bali pada tahun ini.

Selain itu, APR juga siap mendukung serangkaian event selama dan B20 berlangsung.

“Kami juga akan terus mendorong pengembangan desa kreatif atau kreatif wastra di Indonesia,” ujar Basrie.

Sementara itu, Rifan Rahman mengatakan kampanye #IndonesiaBerkain saat ini telah menarik animo para generasi muda untuk ikut serta melestarikan budaya Indonesia.

“Harapannya fesyen Indonesia dapat terus maju namun tetap memiliki gaya khas dan identitas asli tanpa ketinggalan jaman, dan mampu untuk dibawa ke internasional,” pungkas Rifan.

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparannews/dukung-indonesiaberkain-sandiaga-uno-pakai-batik-motif-mandalika-dan-logo-g20-1xjTdNweB1W/full

logo