Dukung Bisnis Startup, Vokasi UI Luncurkan Prodi Bisnis Kreatif

Siaran Pers : Menparekraf Dorong Desa Wisata Indonesia Terapkan Standar Layanan Internasional
January 26, 2021
Ini Rencana Bangun Kawasan Merak-Bakauheni-Lampung
January 27, 2021

SIndonews.com/Neneng Zubaidah/Diterbitkan, 26 Januari 2021 – 22.35 WIB

 

JAKARTA – Usaha rintisan atau startup memiliki potensi tinggi di masa mendatang. Vokasi UI pun meluncurkan prodi Bisnis Kreatif jenjang D4 di semester gasal mendatang.

Pada prodi ini, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah dengan metode problem-solving based innovation dan cara mengimplementasikan proyek bisnis. Lulusan diharapkan memiliki kompetensi untuk menjadi perencana inovasi bisnis, konsultan pemetaan potensi dan pelaku usaha bisnis kreatif berbasis inovasi dan teknologi.

“Mereka merupakan generasi Z yang diharapkan dapat menciptakan usaha-usaha rintisan yang mumpuni guna memenuhi kebutuhan industri kreatif,” kata Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA melalui siaran pers, Selasa (26/1).

Dia menjelaskan, kurikulum yang akan diterapkan adalah 70% praktik dan 30% teori. Para pengajar di program studi tersebut adalah praktisi yang berpengalaman di bidangnya, sehingga diharapkan para lulusan akan siap memasuki pasar kerja bahkan didorong untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Ketua Program Studi Bisnis Kreatif Deni Danial Kesa, MBA., Ph.D. menjelaskan, industri kreatif memiliki potensi yang sangat besar. Hal ini disebabkan karena besarnya peluang pemanfaatan kreativitas, keterampilan dan bakat individu yang diperoleh melalui cara mengeksplorasi daya kreasi dan daya cipta individu/kelompok tersebut.

“Mahasiswa akan mempelajari cara membentuk Perusahaan Rintisan (startup), membangun pasar, menganalisis strategi pemasaran, proses negosiasi, sampai dengan menyediakan sumber daya yang memiliki keterampilan tinggi,” kata Deni.

Deni mengatakan, “Mahasiswa akan menempuh pendidikan sarjana terapan selama delapan (8) semester dan wajib menyelesaikan 144 SKS untuk dapat memperoleh gelar Sarjana Terapan Bisnis Kreatif atau S.Tr.Bns.”

Pada Tahun Akademik 2021/2022, Program Pendidikan Vokasi UI menawarkan 15 program studi pilihan bagi calon mahasiswa. Sembilan Program Studi adalah untuk jenjang ahli madya, yaitu Administrasi Rumah Sakit, Akuntansi, Hubungan Masyarakat, Periklanan Kreatif, Penyiaran Multimedia, Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Administrasi Keuangan dan Perbankan, Administrasi Perkantoran, dan Administrasi Perpajakan.

Selain itu, enam program studi untuk jenjang Sarjana Terapan, yaitu Fisioterapi, Terapi Okupasi, Manajemen Rekod dan Arsip, Bisnis Kreatif, Produksi Media, dan Manajemen Bisnis Pariwisata.

Penjelasan lebih detail tentang program studi ini dapat diakses pada laman https://vokasi.ui.ac.id). Pendaftaran dapat dilakukan melalui jalur Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan ujian tulis SIMAK UI (Informasi: https://penerimaan.ui.ac.id).

(mpw)

Artikel Asli: https://edukasi.sindonews.com/read/314904/211/dukung-bisnis-startup-vokasi-ui-luncurkan-prodi-bisnis-kreatif-1611673289

logo