Dorong UMKM, BI Ikut Kampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Siaran Pers : Menparekraf Bahas Potensi Kolaborasi dengan Grab Indonesia
January 10, 2021
Temui Sri Mulyani, Sandiaga Uno Minta Bantuan Pariwisata Dilanjutkan
January 11, 2021

Medcom.id/Eko Nordiansyah/Diterbitkan 11 Januari 2021, pukul 11.34 WIB

Jakarta: Bank Indonesia (BI) turut serta dalam mengkampanyekan gerakan nasional ‘Bangga Buatan Indonesia’. Gerakan ini merupakan upaya bersama seluruh pihak untuk mendorong pengembangan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pihaknya selalu ambil bagian dalam mengkampanyekan gerakan nasional ‘Bangga Buatan Indonesia’. Bahkan di setiap event-event yang diselenggarakan oleh bank sentral baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.

“Kami mengkampanyekan gerakan ‘Bangga Buatan Indonesia’ di event-event karya kreatif Indonesia, di pertemuan-pertemuan investor, forum secara nasional, daerah, maupun juga internasional,” kata dia dalam Peluncuran Gerakan Nasional ‘Bangga Buatan Indonesia’ di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali secara virtual, Senin, 11 Januari 2021.

Saat ini BI juga memiliki 1.200 pelaku UMKM binaan yang tersebar melalui 46 kantor-kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia. Para UMKM binaan ini memproduksi pangan, makanan minuman, hingga produk batik dan tenun khas nusantara dengan kualitas terbaik.

“Setiap tahun kami tampilkan dalam Karya Kreatif Indonesia. Tahun lalu kami menyelenggarakan tiga series Karya Kreatif Indonesia. Kami men-showcase UMKM-UMKM kita di internasional termasuk di Singapura dan di berbagai negara,” ungkapnya.

Dukungan bagi UMKM juga dilakukan melalui standarisasi pembayaran digital menggunakan metode QR Code. Melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS), para pelaku UMKM mendapatkan berbagai kemudahan akses perbankan maupun sistem pembayaran.

“Insyaallah UMKM akan mendukung pertumbuhan ekonomi kita, menjadi pilar yang sangat kuat untuk mendukung ekonomi kita yang berkelanjutan dan inklusif untuk kesejahteraan rakyat,” pungkas dia.

(SAW)

Artikel Asli: https://www.medcom.id/ekonomi/keuangan/MkMd7jOb-dorong-umkm-bi-ikut-kampanyekan-gerakan-nasional-bangga-buatan-indonesia

logo
Hubungi Kami