Disbudpar Kudus Dorong Kopi sebagai Agro Wisata Edukasi di Kawasan Muria

Siaran Pers : Kemenparekraf Dukung “Simakrama Kepariwisataan” di 6 Kabupaten Bali
October 11, 2020
Tahapan Perizinan Pembukaan Bioskop di DKI
October 12, 2020

Suaramerdeka.com / Prayitno / 12 Oktober 2020, 06:54 WIB

KUDUS, suaramerdeka.com – Penyiapan kawasan Gunung Muria, Kabupaten Kudus, menjadi destinasi wisata kopi terus bergulir. Dalam waktu dekat pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan kembali menggelar pelatihan bagi warga masyarakat di desa wisata.

‘’Di samping kopi sebagai destinasi agro serta wisata edukasi, juga sekaligus merupakan ekonomi kreatif. Karenanya, kopi didorong menjadi destinasi, khususnya di desa wisata yang ada di lereng Gunung Muria,’’ tutur Kepala Disbudpar Kudus, Bergas C Penanggungan.

Ia menyatakan hal itu dalam pelatihan keahlian pengelolaan kopi yang diadakan Java Legend Coffee and Education, Pati, di Hotel Graha Muria, Gunung Muria. Bergas berkesempatan menyerahkan secara simbolis sertifikat kepada peserta pelatihan bertema ‘’Coffee Journy from cherry to cup’’ dari Jumat (9/10) hingga Minggu (11/10).

Selain peserta dari Sulawesi, Yogyakarta, Pasuruhan dan Nganjuk (Jawa Timur), Wonosobo dan Temanggung serta Kudus, Jepara, Pati, dan Grobogan yang mendaftar langsung kepada Java Legend, juga terdapat puluhan peserta yang dikirim oleh instansi pemerintah.

‘’Mereka kami gratiskan untuk mengikuti pelatihan,’’ jelas Direktur Java Legend Coffee and Education, Bagus Prihadi Thohari.

Menurutnya, peserta yang tak dipungut biaya tersebut berasal dari 12 instansi di Kudus, Pati, dan Jepara. Di antaranya Disbudpar Kudus, Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Dinas Perdagangan Kudus, Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kudus, Dinas Pertanian Pati, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pati, Dinas Koperasi dan UMKM Pati, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Pati, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Jepara, Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jepara, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jepara, serta Dinas Pariwisata danKebudayaan Jepara.

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/regional/muria/243380-disbudpar-kudus-dorong-kopi-sebagai-agro-wisata-edukasi-di-kawasan-muria

logo
Hubungi Kami