Dinkop UMKM Dorong Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Bisa Masuk Perhotelan

Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Pelaku Seni di Jakarta
April 19, 2021
Menteri Suharso: Infrastruktur Wisata Merak-Baluran Situbondo Masuk Prioritas Nasional
April 19, 2021

Suaramerdeka.com / Cun Cahya/19 April 2021, 13:48 WIB

SEMARANG, suaramerdeka.com – Dinas Koperasi (Dinkop) dan UMKM Jawa Tengah terus mendorong produk UMKM bisa masuk ke perhotelan.

Saat ini sudah ada 43 UMKM yang lolos kurasi dan bekerja sama dengan Accor Group, dan menjalin kontrak selama dua tahun ke depan sebagai penyuplai kebutuhan hotel.

UMKM yang lolos kurasi itu diantaranya produk makanan dan bahan pangan serta kopi dan kerajinan tangan.

Kepala Dinkop dan UMKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan ke-43 pelaku UMKM yang telah lulus kurasi itu nantinya akan menyuplai kebutuhan empat hotel di bawah Accor Group di Kota Semarang dan Surakarta.

Bahkan, dalam kerja sama itu juga memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk memamerkan produk-produk UMKM di lobi hotel secara gratis setiap akhir pekan.

“Jadi kurasi itu menjadi satu kunci untuk bisa masuk ke hotel. Yang memenuhi standar itu kan tidak banyak. Jadi kita kurasi bener butuhnya apa, kita kurasi. Misal telur ayam butuhnya seperti apa, ukurannya berapa. Accor Group kan hotel internasional. Jadi standarnya itu standar internasional semua. Kayak beras maunya yang sekalu baru,” katanya, baru-baru ini.

Ema menambahkan UMKM ini diharapkan dapat naik kelas dan meningkatkan kualitas produknya sesuai standar perhotelan internasional.

Ema berharap kedepan juga akan bekerja sama dengan beberapa hotel tidak hanya di Jawa Tengah tapi juga bisa sampai Jawa Timur.

Artikel Asli : https://www.suaramerdeka.com/news/ekonomi-dan-bisnis/261228-dinkop-umkm-dorong-produk-usaha-mikro-kecil-menengah-bisa-masuk-perhotelan?page=all

logo
Hubungi Kami