Dinas Pariwisata Kulonprogo Pamerkan Potensi Ekonomi Kreatif di Bandara YIA Kuntadi

Kemenparekraf lengkapi Gua Batu Cermin Labuan Bajo lewat pendampingan
January 28, 2022
Laporan Pemantauan Covid-19 di Sektor Parekraf (29 Januari 2022)
January 29, 2022

iNews.id / Kuntadi Kuntadi / 28 Januari 2022 -,21:34 WIB

KULONPROGO, iNews.id – Dinas Pariwisata Kulonprogo menggelar pameran ekonomi kreatif di kawasan Tugu Malioboro yang berada di areal Bandara Internasional Yogyakarta. Mengusung tema ‘Desa Wisata Menebar Pesona’ mereka ingin mengembangkan potensi desa wisata dan ekonomi kreatif untuk menarik kunjungan wisatawan.  Pameran ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai hari ini hingga tiga hari ke depan. Secara simbolis pameran dibuka Bupati Kulonprogo Sutedjo. Pameran ini diikuti beberapa desa wisata binaan Dinas Pariwisata dan potensi produk-produk ekonomi kreatif.

“Tren pengembangan pariwisata sekarang lebih pada desa wisata. Kami memiliki tanggungjawab untuk membina desa wisata sekaligus potensi ekonomi kreatif yang ada di dalamnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo, Joko Mursito, Jumat (28/1/2022).

Pameran wisata ini diikuti 20 desa wisata yang terdiri dari 14 desa wisata yang sudah berkembang dan maju dan enam desa wisata rintisan. Penambahan desa wisata rintisan ini tentunya akan dibarengi dengan kualitasnya, pembinaan, pelatihan dan fasilitasi.

“Pameran ini kami lombakan ada ada semangat untuk saling meningkatkan kreativitas,” ujarnya.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan, Kabupaten Kulonprogo terus mengembangkan potensi wisata yang ada. Dinas pariwisata terus menggelorakan promosi wisata, karena memiliki Bandara YIA yang menjadi pintu masuk wisatawan ke DIY.

“Kami memiliki banyak potensi wisata, tidak hanya alam dan budaya melainkan potensi ekraf juga cukup berkembang,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja mengatakan, minat wisatawan kini tidak hanya berdasarkan pada keindahan alam, dan atraksi budaya. Namun ekonomi kreatif juga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang.

Hal ini direspon cepat oleh Dinas pariwisata Kulonprogo yang menggelar pameran desa wisata dan ekonomi kreatif. Harapannya potensi ini bisa dikenal masyarakat dan mampu mendatangkan wisatawan.  “Jadi sekarang tidak hanya nature dan atraksi, tetapi ekonomi kreatif juga. Ini bagus sekali,” kata Singgih. Dalam kegiatan ini juga diluncurkan calender of event wisata selama setahun. Kalender wisata ini merupakan kolaborasi dari Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Dinas Kominfo dan Dinas Pertanian.    Lihat juga: Yuk ikutan Your Challenge di bulan Januari ini kayak kakak yang satu ini! Hanya di HOT+ di aplikasi RCTI+ Editor : Kuntadi Kuntadi

Artikel asli : https://yogya.inews.id/berita/dinas-pariwisata-kulonprogo-pamerkan-potensi-ekonomi-kreatif-di-bandara-yia/all

logo