Siaran Pers : Kemenparekraf Ajak Pelaku Parekraf Promosikan Produk Lokal Lewat Media Sosial
August 12, 2020
Bali Tunggu Keputusan Kemenkum HAM Saat Buka Pariwisata untuk Wisatawan Asing
August 12, 2020

Sindonews.com/Diana Rafikasari/Diterbitkan 12 Agustus 2020, pukul 14.14 WIB

 

JAKARTA – Merespons perkembangan budaya ngopi dan meningkatnya permintaan akan produk F&B di jaringan hotelnya, OYO Hotels and Homes kembali meluncurkan inovasi terbaru dengan menghadirkan brand kopi independen bernama Kopi Cinta. Sebagai lini bisnis terbaru OYO di luar akomodasi, Kopi Cinta saat ini siap melayani para penikmat kopi melalui 30 gerai yang tersedia di seluruh Indonesia.

“Di tengah pandemi ini, sebagai pelaku industri kami senantiasa dituntut untuk semakin inovatif, baik dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang mengalami perubahan, maupun dari sisi strategi bisnis. Kami di OYO melihat bahwa budaya ngopi di seluruh Indonesia mengalami peningkatan yang pesat,” kata Country Head Emerging Business, OYO Indonesia, Eko Bramantyo melalui keterangan resminya, Rabu (12/8).

“Selain itu, terdapat peningkatan permintaan akan produk F&B dari para tamu dari hotel-hotel kami di berbagai wilayah Indonesia. Berangkat dari kondisi ini, OYO berinisiatif untuk memanfaatkan peluang dengan menghadirkan lini bisnis baru, yang juga kami harapkan dapat menjadi sumber pemasukan tambahan bagi para mitra yang tertarik untuk membuka gerai Kopi Cinta ini,” sambungnya.

Menurut Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, konsumsi kopi nasional di tahun 2018 telah mencapai 314 ribu ton. Angka konsumsi ini diprediksi akan terus tumbuh sekitar 8,2% selama periode 2016-2021. Data lebih lanjut menurut International Coffee Organization (ICO), pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia berada di atas rata-rata dunia pada umumnya. Di tahun 2021, pasokan kopi nasional diprediksi akan mencapai 795 ribu ton, sementara tingkat konsumsi naik menjadi 370 ribu ton.

Meskipun prediksi ini tentu terpengaruh oleh pandemi Covid-19, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan upaya untuk kembali menggairahkan industri kopi melalui kampanye Satu Dalam Kopi. Kemenperin sendiri menyatakan bahwa pemerintah tetap optimistis untuk kembali menggairahkan industri kopi lokal di tengah pandemi ini, dengan berbagai terobosan yang inovatif.

“Kami ingin turut berpartisipasi dalam upaya menggairahkan kembali industri kopi Indonesia, maka dari itu Kopi Cinta hadir dengan memanfaatkan jaringan hotel OYO di Indonesia sebagai rantai distribusi untuk minuman kopi berkualitas. Selain itu hadirnya Kopi Cinta ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pengalaman menginap bagi para tamu OYO, sekaligus turut menambah pilihan kopi berkualitas di kalangan penikmat kopi di Indonesia,” tutur Eko Bramantyo.

Produk-produk minuman Kopi Cinta dibuat dengan menggunakan teknologi mesin kopi kapsul otomatis guna memastikan kualitas dan konsistensi minuman kopi yang disediakan. Selain itu, Kopi Cinta juga menggandeng Primo Coffee sebagai partner strategis dalam pembuatan standar operasional, menyediakan pelatihan barista, serta pengadaan alat dan suplai bahan baku.

Untuk menjangkau konsumen di luar tamu hotel-hotel OYO, Kopi Cinta juga menggandeng Go-Food dan Grabfood untuk layanan pesan-antar secara daring bagi masyarakat yang ingin memesan Kopi Cinta tanpa harus datang ke lokasi gerai.

Saat ini, sebanyak 30 gerai Kopi Cinta telah tersedia di hotel-hotel OYO yang dioperasikan langsung oleh OYO. Ke depannya, OYO akan terus menambah gerai Kopi Cinta di seluruh jaringan hotelnya. OYO juga membuka kesempatan bagi para mitra-mitra hotel OYO yang ada untuk bergabung dan membuka gerai Kopi Cinta di hotel mereka dengan biaya investasi awal mulai Rp3 juta –mesin dan starter pack–, tanpa membutuhkan ruang ataupun staf tambahan.

Di samping itu, Kopi Cinta menjawab kebutuhan para tamu OYO untuk menikmati kopi kekinian dengan harga yang lebih terjangkau tanpa tambahan biaya kirim dan terjamin lebih higienis karena disajikan langsung oleh staf hotel OYO.

“Di tengah pandemi ini, kami terus berupaya agar bisnis mitra hotel kami tetap dapat berjalan. Kini, melalui inovasi bisnis terbaru ini, kami menawarkan kesempatan yang memungkinkan para mitra untuk mendapatkan pemasukan tambahan, di luar dari akomodasi. Melalui dukungan teknologi dan kanal distribusi jaringan OYO, kami optimis bahwa hadirnya Kopi Cinta dapat turut menjadi stimulus dalam membangkitkan industri hospitality ini,” tutup Eko Bramantyo.

 

(nug)

Artikel Asli: https://lifestyle.sindonews.com/read/131038/156/di-tengah-pandemi-oyo-indonesia-luncurkan-kopi-cinta-1597212517

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami