Congwayndut, Seni Pertunjukan Asal Jawa Tengah Masuk Final di Kreatif Lokal Award 2020

Wishnutama Apresiasi Konser Colorful Ambon City of Music
November 2, 2020
aHarapkan Pariwisata Bangkit, Crazy Horse Rilis ‘This is Bali, Always Happy’
November 2, 2020

Liputan6.com/Reza/Diterbitkan 2 November 2020, pukul 12.09 WIB

Liputan6.com, Jakarta Pandemi bukan halangan bagi mereka yang menyikapi dengan hal-hal positif. Banyak hal yang bisa dilakukan, bahkan pandemi membuat sebagian orang mutar otak agar tetap kreatif. Sama halnya yang dilakukan oleh Sanggar Seni Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut).

Walaupun kerap dianggap ‘kuno’, terbukti pentas seni masih banyak dinikmati oleh banyak kalangan, baik tua dan muda. Tak hanya menampilkan pertunjukkan seni semata, komunitas yang lahir sejak 2010 ini kerap memberikan edukasi kepada generasi muda agar peduli akan seni khususnya wayang kulit dan keroncong.

Bicara generasi muda, Congwayndut memiliki konsep berbeda dengan pertujukan wayang sebelumnya. Mengusung konsep ‘kekinian’ dan dipadu dengan cerita yang seru, humoris, kritis namun edukatif, Congwayndut mencoba meraih minat generasi muda agar suka dengan seni wayang tersebut.

Berbagai kegiatan sudah dilakukan oleh Congwayndut, termasuk ikut dalam Kreatif Lokal Award 2020. Seni panggung ini bahkan masuk ke babak final ajang penghargaan tersebut.

Memiliki total anggota 20 orang yang merupakan dalang, musisi, dokumentasi, crew dan manajeman, Congwayndut sudah melalang buana ke kota-kota di Indonesia.

Bergerak dalam dunia ekonomi kreatif sektor seni pertunjukan, Congwayndut menjadi salah satu finalis Kreatif Lokal Award 2020 dalam kategori pertujukan.

 

Babak fiinal itu bakal digelar pada 18 dan 25 Oktober. Dari total peserta yang mendaftar, nantinya terdapat 18 finalis yang layak masuk ke final. Mereka bakal presentasi selama 15 menit dengan kategori masing-masing. Dari total finalis tersebut bakal menghasilkan 6 pahlawan UKM dalam ajang Kreatif Lokal Award 2020.

Nantinya, penilaian bakal melibatkan juri-juri berkompeten. Mulai dari Deputi Bidang Pemasaran Kemenparkraf, Nia Niscaya, Chief of HC Management, Direktur SDM dan Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi, Founder of Udemy Indonesia, Daniel Tumiwa, CEO KapanLagi Youniverse, Bapak Steve Christian, CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, serta Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli.

Pantaskah Congwayndut menang dalam Kreatif Lokal Award 2020? Saksikan Final Kreatif Lokal Award 2020 13 November 2020 pukul 19.00 Wib live streaming di Vidio.

(*)

Artikel Asli: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4397588/congwayndut-seni-pertunjukan-asal-jawa-tengah-masuk-final-di-kreatif-lokal-award-2020

logo
Hubungi Kami