Badan otoritas Labuan Bajo rancang penataan perjalanan wisatawan
July 3, 2020
Pelindo Lombok terapkan protokol COVID-19 bagi wisatawan kapal pesiar
July 3, 2020

Medcom.Id / Daviq Umar Al Faruq / 03 Juli 2020, 13:56 WIB

Malang: Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, mengizinkan kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur, kembali dibuka. Kabupaten Lumajang merupakan satu dari empat wilayah dengan akses masuk menuju Bromo.

“Prinsipnya semua sepakat untuk dibuka, kecuali pendakian (Gunung) Semeru. Dengan catatan, semua mengikuti protokol kesehatan, aturan, dan mekanisme yang telah ditentukan,” kata Thoriq, Jumat, 3 Juli 2020.

Menurut dia, ada empat pintu masuk menuju kawasan Bromo. Antara lain dari Coban Trisula di Kabupaten Malang, Ranupani–khusus pendakian– di Kabupaten Lumajang, Tengger Laut Pasir Cemorolawang di Kabupaten Probolinggo, dan Penanjakan Wonokitri di Kabupaten Pasuruan.

“Empat Bupati; Probolinggo, Lumajang, Malang, dan Pasuruan, sudah menjelaskan (sikap) masing-masing terkait kesiapan new normal di sektor pariwisata, salah satunya akses ke Bromo,” kata dia.

Menurut Thoriq reaktivasi kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) untuk kunjungan wisata alam dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal, kegiatan pariwisata hanya diizinkan menggunakan sistem one day trip dan hanya dapat dilakukan pada wilayah zona hijau dan kuning. Atau zona lain dengan rekomendasi tertulis dari empat bupati.

“Kalau di Lumajang, karena segmentasinya Semeru, tentu (kebijakannya) berbeda. Pendakian Semeru masih ditutup. Pembukaan lagi masih kita perbincangkan tapi akan tetap dimonitor dan konsolidasi oleh TNBTS,” imbuhnya.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/gNQGmgvk-bupati-lumajang-izinkan-wisata-bromo-dibuka-lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami