Bupati Bantul tinjau vaksinasi COVID-19 bagi pelaku wisata

Syarat Buka Bali dari Satgas: Pandemi Terkendali, Negara Asal Turis Juga Aman
June 30, 2021
Bupati Sleman Serukan ‘Di Rumah Saja’, Tapi Wisata Tetap Buka
June 30, 2021

Antaranews.com / Hery Sidik / 30 Juni 2021, 13:37 WIB

Kita kebut, kita percepat, kalau sehari bisa 2.000 orang ya kita lakukan vaksinasi kepada 2.000 sasaran

Bantul (ANTARA) – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meninjau vaksinasi COVID-19 massal bagi pelaku wisata maupun pedagang di kawasan pantai selatan daerah ini.

“Kita kebut, kita percepat, kalau sehari bisa 2.000 orang ya kita lakukan vaksinasi kepada 2.000 sasaran meskipun kita harus menambah nakes (tenaga kesehatan) dan perlengkapan yang lain,” kata Bupati di sela pemantauan vaksinasi COVID-19 di Joglo Parangtritis Bantul, Rabu.

Vaksinasi COVID-19 bagi pelaku wisata pantai Bantul dilakukan di empat titik yakni di Pendopo Joglo Parangtritis, TIC (Tourism Information Center) Kretek, Balai Desa Srigading dan Balai Desa Poncosari total ada 2.617 sasaran yang terdaftar penerima vaksin.

Bupati mengatakan sampai Rabu ini kasus COVID-19 trennya masih naik, keadaan ini  mengkhawatirkan, karena itu untuk  mencegahnya pemerintah melakukan dua hal, yaitu melalui pembatasan kegiatan dan peningkatan imunitas masyarakat.

“PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro untuk membatasi kegiatan masyarakat, membatasi kerumunan dan yang kedua dengan peningkatan imunitas melalui vaksinasi COVID-19,” katanya.

Namun demikian, Bupati tetap mengingatkan masyarakat pelaku wisata, meskipun sudah divaksinasi, tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat, karena tidak menutup kemungkinan masih dapat terpapar.

“Virus masih bisa masuk, namun mudah-mudahan kondisi tubuh bisa lebih siap. Harapannya dengan meningkatnya imunitas maka pemulihan ekonomi dapat dilakukan,” katanya.

Staf Bidang Pemasaran, Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Aji mengatakan, sebanyak 2.617 pelaku wisata yang terdaftar menerima vaksin rinciannya 969 orang dari Pantai Parangtritis, Mancingan, Parangkusumo, dan 586 pelaku wisata dari Pantai Depok, Laguna Depok, Cemoro Sewu, Gumuk Pasir.

Kemudian sebanyak 376 pelaku wisata dari pelaku usaha kawasan Baros, Pengklik, Samas, Pandansimo, Goa Cemara, serta 686 pelaku wisata dari Pantai Cangkring, Kuwaru, Pantai Baru, Pandansimo.

“Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pelaku wisata kawasan pantai selatan dijadwalkan pada 30 Juni dan 1 Juli di empat lokasi,” katanya.

Editor: Agus Salim

Artikel Asli : https://www.antaranews.com/berita/2240714/phri-dan-polda-sumsel-luncurkan-pelayanan-tes-covid-19-di-hotel

logo