Biro perjalanan daring gaet pemerintah kembangkan wisata domestik

Pemerintah kembali ingatkan UMKM manfaatkan teknologi digital
August 11, 2022
Menparekraf sebut sektor pertambangan dan pariwisata harus bersanding
August 11, 2022

Antaranews.com/  Nanien Yuniar/ 11 Agustus 2022, 16:02 WIB

“Kami harus berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengembangkan wisata domestik”

Jakarta (ANTARA) – Upaya memajukan pariwisata domestik memerlukan kerja sama dari seluruh pihak yang terlibat, tak hanya pemerintah, tetapi juga pihak-pihak swasta seperti biro perjalanan daring.

“Kami harus berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengembangkan wisata domestik,” kata Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa di konferensi pers daring, Kamis.

Salah satu yang dilakukan adalah mengembangkan pariwisata domestik di yang menjadi fokus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Chief People Officer tiket.com Dudi Arisandi menambahkan, biro perjalanan daring itu pun turut membantu mengembangkan desa wisata melalui program “Jagoan Wisata” yang bertujuan menaikkan kelas desa-desa wisata di Indonesia.

“Program ini upaya kami memastikan pelaku usaha wisata seperti UMKM agar bisa mengembangkan usaha agar berkelanjutan, tak hanya berhenti di satu titik,” kata Dudi.

Pada gelaran perdana Jagoan Wisata 2022, ada empat desa wisata yang terpilih yaitu Desa Wisata Mulyaharja di Bogor, Desa Condet di Jakarta Timur, Desa Kaki Langit Mangunan, dan Desa Dewi Sambi yang berada di Yogyakarta.

Dari keempat Desa Wisata itu akan dihimpun para pelaku-pelaku usaha pariwisata untuk mendapatkan pelatihan secara hibrida dari para pengajar.

Selama proses pelatihan, tiket.com menggandeng perusahaan rintisan Inspigo untuk menyediakan tenaga pengajar dan pembimbing serta materi untuk para pelaku usaha pariwisata tersebut.

Periode pelatihan akan berlangsung selama satu bulan lamanya mulai 25 Agustus hingga 29 September 2022.

Dalam konferensi pers awal Agustus, Co-Founder Inspigo Yoris Sebastian mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyiapkan modul untuk pembelajaran campuran tidak hanya berpatok pada teori namun juga pada praktek di lapangan dalam hal ini disesuaikan dengan kondisi desa-desa wisata sehingga program “Jagoan Wisata 2022” manfaatnya bisa terasa berkesinambungan bahkan ketika programnya telah usai.

Editor: Suryanto

Artikel asli : https://www.antaranews.com/berita/3051989/biro-perjalanan-daring-gaet-pemerintah-kembangkan-wisata-domestik

logo