Bincang Santai Pjs Walkot Batam: TCA Bisa Bangkitkan Pariwisata

Panduan Protokol CHSE Wisata MICE
November 2, 2020
Protokol Kesehatan Saat Anggota Keluarga Terpapar Covid-19
November 2, 2020

Kumparan.com / Konten ini diproduksi oleh kepripedia / 2 November 2020, 10:42 WIB

Taman Rusa Sekupang Batam, Kepulauan Riau, tempat olahraga dan rekreasi yang menjadi lokasi perbincangan santai, mengenai sektor pariwisata untuk bangkit di tengah pandemi COVID-19. Sederet ulasan yang diutarakan oleh Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum.

Ia optimis bahwa sektor pariwisata bakal bangkit kembali setelah terpuruk karena pandemi COVID-19.“Saya yakin dengan jalur bisnis di buka kembali tentang Travel Corridor Arangement (TCA) WNA yang masuk di Batam maka pariwisata kita akan bangkit kembali dan ekonomi pun berangsur naik,” katanya, Minggu (1/11).

“Meski jalur bisnis itu tak bersentuhan dengan pariwisata, namun TCA sendiri menjadi sinyal baik untuk Indonesia khusus Batam untuk akan datang akan dapat percaya menerima wisatawan, ada sekitar kuota TCA ini yang di berikan kepada 300 orang,” tambah dia.

Syamsul mengajak masyarakat untuk dapat mentaati anjuran pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan, khusus di tempat pariwisata selalu hidupkan pola sehat dengan gunakan masker, rajin mencuci tangan dan selalu menjaga jarak.

“Jika hal itu dapat kita patuhi maka daerah kita akan dapat kepercaayan dari Singapura, dan juga sinyal ke dunia, kalau Indonesia bahwa negara aman dikunjungi dan steril dari corona,” ujarnya.

Setiap WNA atau pun WNI lokal yang datang dari luar yang berkunjung ke Batam tentu mencari tempat istirahat yakni hotel, maka dari itu untuk dunia perhotelan di Batam dipastikan telah menerapkan protokol kesehatan yang super ketat bagi setiap tamu.

“Kita telah siap menerima tamu baik tamu dari Singapura maupun lokal dengan protokol kesehatan yang telah lama di jalankan,” ujar GM Batam View Resort Andy Fong.

Untuk diketahui, sebelum adanya TCA pemerintah Indonesia dan Singapura telah membuka diri untuk kunjungan, hanya saja itu sifatnya terbatas.” Jadi dengan ada TCA sehingga bertambah lima dari semula hanya empat menjadi lima, adapun jenis kunjungan itu antara lain pemengang Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) dan pekerja di sektor air line dan marine, lalu pekerja di sektor vital diplomat dan baru-baru ini TCA,” kata Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Batam  Ardiwinata.

Dalam kegiatan Nonadic Community Fiesta (NCF) yang bertajuk berbincang santai tentang topik TCA dengan Pjs Wali Kota Batam Plh Ketua BP Batam dan Chairman Batam Tourism and Promotion Board bersama jurnalis dan blogger serta pengiat pariwista selama dua hari Sabtu dan Minggu.

Lokasi yang di pilih tersebut berluas 9 hektare dengan di tumbuhi berbagai jenis pohon yang rindang membuai semangat peserta untuk semangat berbincang.

Di tambah lagi tak bosan pemandangan di area terdapat pula puluhan rusa yang telah menghibur setiap pengunjung dan tak lupa pula setiap pintu di sediakan tempat cuci tangan, bahkan ada juga yang jualan di area lokasi, berjajar rapi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kepripedia/bincang-santai-pjs-walkot-batam-tca-bisa-bangkitkan-pariwisata-1uVeXlOydxJ/full

logo
Hubungi Kami