Bicara soal Destinasi Wisata, Wishnutama: Harus Punya Pengalaman Unik

Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat, Wagub: Bali Siap Sambut Wisman China
November 25, 2020
Dorong Pariwisata Dari Tingkat Desa, Pemkot Bandar Lampung Bentuk 126 Pokdarwis
November 26, 2020

Kumparan.com/ Red / 26 November 2020, 11:54 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengungkapkan beberapa strategi untuk memulihkan kembali sektor pariwisata.

Selain membangun konektivitas, ia mengungkapkan perlunya setiap destinasi wisata di Indonesia untuk menghadirkan pengalaman unik bagi wisatawan.

“Kita perlu tawarkan sesuatu yang unik, itu baru yang namanya berwisata. Wisata itu artinya mengapa menjalankan sesuatu yang berbeda daripada kebiasaan dia (wisatawan) sebelumnya dan itu yang membuat pengalaman dia menjadi menyenangkan,” ujar Wishnutama, saat ditemui kumparan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020 di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Kamis (26/11).

Wishnutama juga mengatakan dengan menghadirkan pengalaman unik bagi wisatawan tentu bisa menciptakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ia pun mencontohkan seperti halnya salah satu hotel di Bali yang menyabet beberapa penghargaan dunia.

“Terbukti beberapa hotel terbaik dari Indonesia, salah satunya di Bali bukan hotel pencakar langit yang super mewah, pengalaman unik yang ditawarkan ini adalah hal yang penting untuk menawarkan destinasi wisata kita ke negara lain,” ujar Wishnutama.

Dengan pengalaman unik itulah menurutnya membuat wisatawan memiliki kenangan atau memori yang indah terhadap destinasi tersebut. Untuk menciptakan pengalaman unik tersebut, Wishnutama mengatakan bahwa setiap destinasi wisata harus memperkuat nilai atau sisi budaya di daerahnya.

“Nah, untuk menciptakan pengalaman unik di setiap destinasi artinya kita harus pertahankan budaya kita dan harus kita perkuat, sehingga pada saat wisatawan datang ke tempat tersebut bisa merasakan budaya Bali yang sesungguhnya atau budaya Labuan Bajo yang sesungguhnya,” pungkasnya.

Selain membahas strategi pemulihan pariwisata, dalam rakornas ini juga dibahas amplifikasi kebijakan, program, serta langkah reaktivasi dan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak akibat pandemi COVID-19.

Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju juga dijadwalkan hadir secara virtual atau online. Di antaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  Luhut B. Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Terawan, Menteri BUMN Erick Thohrir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, serta Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/bicara-soal-destinasi-wisata-wishnutama-harus-punya-pengalaman-unik-1uf9sGxq6TS/full

logo