Kemenparekraf Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan Saat Pembukaan Destinasi
June 23, 2020
Banyuwangi sambut wisata normal baru dengan aplikasi
June 23, 2020

Medcom.Id /   Ahmad Mustaqim / 23 Juni 2020, 11:23  WIB

Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membuka akses wisata pantai pada Rabu, 24 Juni 2020. Akses wisata Pantai Kukup dan Pantai Baron dibuka uji coba menjelang new normal.

“Uji coba ini masih terbatas. Tidak semua wisatawan diizinkan mengakses,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono dihubungi, Selasa, 23 Juni 2020.

Dia menjelaskan, kapasitas dua objek wisata itu bisa mencapai belasan ribu saat dibuka. Ia mengatakan, akses dibatasi 7.000 wisatawan dalam sehari.

“Batasan jumlah kunjungan wisatawan itu untuk Pantai Kukup dan Baron. Kami akan mengendalikan jumlah wisatawan lewat TPR (tempat pemungutan retribusi) supaya tercatat,” ujarnya.

Selain itu, waktu kunjungan wisatawan juga dibatasi. Jam wisata dibukan pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pembatasan waktu membantu pengelola dan petugas melakukan pengawasan.

“Jumlah wisatawan dibatasi sesuai jumlah karcis. Kalau sudah habis untuk 7.000 orang, yang tidak boleh masuk,” ungkapnya.

Pihaknya akan memberlakukan penerapan standar operasional prosedur (SOP) untuk mencegah risiko penyebaran covid-19. Keharusan menyediakan tempat cuci tangan telah disosialisasiken kepada penyedia objek wisata maupun pemilik usaha kuliner.

“Warung makan di lokasi wisata wajib sediakan tempat cuci tangan. Pengecekan suhu tubuh wisatawan akan dilakukan saat wisatawan masuk melewati TPR. Uji coba akan berlangsung sampai 30 Juni,” terangnya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Marjono, meminta wisatawan mematuhi aturan dan peringatan petugas di lapangan. Petugas SAR akan bergerak secara berkala mengingatkan kepatuhan penerapan protokol kesehatan.

“SAR bersama Pemkab Gunungkidul akan tidak henti-hentinya mengingatkan pengunjung untuk jaga jarak dan jalankan protokol pencegahan covid-19,” ujarnya.

Artikel Asli : https://www.medcom.id/nasional/daerah/yNLGJ52K-besok-wisata-pantai-di-gunungkidul-dibuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami