Berwisata Aman dan Nyaman dengan Protokol Kesehatan, Ini Penjelasannya

Siaran Pers : Gerakan BISA dan Gerakan Pakai Masker Diterapkan di Berbagai Destinasi Wisata
August 24, 2020
Tren Terus Naik, PANDI Bikin Marketplace Domain.id
August 25, 2020

Inews.id.com/Diterbitkan 24 Agustus, pukul 22.27 WIB

JAKARTA, iNews.id – Sejak diterapkannya protokol kesehatan di sektor pariwisata, beberapa tempat wisata sudah dibuka kembali. Wisatawan kini sudah bisa berwisata menikmati destinasi wisata.

Kini, banyak dari mereka yang sudah melakukan perjalanan wisata. Baik wisata di dalam kota maupun wisata alam. Namun, traveling di tengah pandemi tentu berbeda dari biasanya.

Karena ada protokol kesehatan yang wajib dipatuhi masyarakat guna mencegah penularan Covid-19. Mengingat tempat rekreasi adalah sarana umum yang dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Melansir CDC pada Senin (24/8/2020), sebelum Anda melakukan perjalanan wisata, ada baiknya Anda mengecek situasi dan kondisi tempat tujuan. Seperti, apakah pernah ada kasus positif Covid-19 disana? Atau apakah Anda memiliki penyakit penyerta yang dapat membahayakan diri jika tertular Covid-19?

Jangan hanya fokus pada tempat tujuan, jika Anda memiliki rencana untuk melakukan perjalanan wisata menggunakan transportasi umum, maka Anda harus memikirkan hal ini juga. Tetap menjaga jarak dengan orang dengan lain serta menggunakan masker.

Menurut CDC, Anda bisa memilih kursi di dekat jendela serta jauh dari toilet untuk meminimalisasi risiko penularan Covid-19. Karena berada di dekat jendela berarti Anda akan mendapatkan udara segar yang lebih bersih untuk dihirup

Begitu pula jika Anda sudah sampai di tempat tujuan, tetap perhatikan jarak Anda dengan orang lain dan segera ganti masker jika dirasa sudah kotor. Jika Anda kesulitan menemukan tempat cuci tangan, bawalah hand sanitiser dengan kandungan alkohol minimal 60 persen.

Jika Anda menginap, pilihlah penginapan yang aman dengan selalu menjaga kebersihan di mana pun berada. Saat tiba waktu makan, Anda juga bisa memilih kursi di restoran yang jauh dari toilet, walaupun sebenarnya take away jauh lebih aman.

Usai bepergian, Anda berpikir telah terpapar Covid-19. Anda mungkin merasa sehat dan tidak menunjukkan gejala apa pun, tetapi Anda dapat menular tanpa gejala dan menyebarkan virus ke orang lain.

Untuk itu, Anda bisa melakukan isolasi mandiri selama 14 hari serta menjaga jarak dengan anggota keluarga setidaknya satu hingga dua meter. Segera ukur suhu tubuh jika sakit. Jika masih ragu, Anda bisa melakukan tes Covid-19 dengan para profesional.

Artikel Asli: https://www.inews.id/travel/destinasi/berwisata-aman-dan-nyaman-dengan-protokol-kesehatan-ini-penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami