Bertemu UNWTO, Sandiaga Klaim Pariwisata Indonesia Tumbuh di Tengah Pandemi

Keamanan Finansial Untuk Masa Depan
September 26, 2022
Bertemu UNWTO, Sandiaga Klaim Pariwisata Indonesia Tumbuh di Tengah Pandemi
September 26, 2022

Kumparan.com /kumparanTRAVEL/ 26 September 2022, 10:56 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengeklaim pariwisata Indonesia mulai tumbuh di tengah pandemi virus corona.

Hal ini disampaikan Sandi saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal UN World Tourism Organization (UNWTO), organisasi pariwisata dunia, Zurab Pololikashvili di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali, Minggu (25/8).

“Wisatawan mancanegara di Indonesia sudah berhasil kita tingkatkan dan kualitas belanja mereka sudah meningkat. Sehingga devisa yang dihasilkan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai penyumbang nomor dua dari pendapatan negara ini, kita harapkan momentum ini akan terus kita bisa kawal kebangkitannya,” kata Sandi dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Senin (26/8).

Berdasarkan catatannya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 15 ribu orang setiap hari. Lama tinggal atau length of stay wisatawan mancanegara sudah empat hari.

Sementara itu, nilai belanja wisatawan mancanegara mencapai 1.200 dolar AS atau Rp 18 juta per orang. Sandi menargetkan sebanyak 1,8 sampai 3,6 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia sepanjang tahun 2022 ini.

Indonesia juga berhasil mengungguli negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam di bidang pariwisata. Berdasarkan laporan Travel Tourism and Development Index (TTDI), yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF), Indonesia naik 12 peringkat ke posisi 32 dunia.

“Ke depan, Indonesia dianggap bisa membawa kepemimpinan dari segi wisata berbasis kebugaran, dan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan ini juga mendapatkan tempat yang khusus dalam kebangkitan ini,” tuturnya.

Sandiaga mengeklaim, UNWTO menilai Indonesia mampu menangani pandemi virus corona dan meningkatkan pemulihan ekonomi melalui pariwisata. Salah satu di antaranya dengan mengembangkan desa wisata.

“Ini juga yang tadi disampaikan dalam pertemuan dengan Sekjen UNWTO. Keberhasilan Indonesia menjuarai desa wisata ini menginspirasi banyak negara untuk mengembangkan potensi-potensi rural tourism atau desa wisata di masing-masing destinasi,” pungkas Sandiaga.

Artikel asli : https://kumparan.com/kumparantravel/bertemu-unwto-sandiaga-klaim-pariwisata-indonesia-tumbuh-di-tengah-pandemi-1yvsqMARBgd/full

logo