Bangun Kepercayaan Wisatawan, Kemenparekraf Luncurkan Kampanye Indonesia Care

7 Hotel Staycation 500 Ribuan Plus Kolam Renang di Malang
July 10, 2020
Pemerintah masih negosiasi buka akses wisata “travel bubble”
July 10, 2020

Kumparan.com / Konten Redaksi kumparan / 10 Juli 2020,  17:18 WIB

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meluncurkan “Indonesia Care”, kampanye nasional untuk mengimplementasikan protokol kesehatan sekaligus verifikasi guna menghadirkan destinasi yang bersih, sehat, aman, dan lingkungan yang lestari.

Peluncuran Indonesia Care ditandai dengan pemutaran video di Studio XXI Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (10/7). Selain itu, juga dilakukan simulasi protokol normal baru di bioskop yang turut didukung oleh Badan Perfilman Indonesia (BPI) dan Cinema XXI.

Menparekraf Wishnutama Kusubandio mengatakan, program tersebut digagas sebagai bentuk komitmen Indonesia untuk menjaga kebersihan, higenitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung untuk keamanan sesama.

“Indonesia Care adalah strategi komunikasi kita bagaimana kita dapat melaksanakan berbagai sektor parekraf dengan mengutamakan prinsip kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan bagi para pelaku dan konsumennya,” kata Wishnutama dalam webinar “Launching Indonesia Care” pada Jumat (10/7).

Dalam acara itu juga diluncurkan Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan untuk hotel.

“Indonesia Care merupakan komitmen bersama bangsa Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sangat peduli terhadap kebaikan bersama dan dengan sepenuh hati peduli dengan kualitas yang penuh dengan ketelitian dalam menyediakan aspek kebersihan, tanpa cela, higenitas dan pelayanan tanpa kontak langsung untuk keselamatan bersama,” lanjut Wishnutama.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya menjelaskan, panduan pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan untuk sektor parekraf yang diterbitkan mengacu pada standar global. Hal ini menjadi panduan teknis operasional bagi pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam melangsungkan berbagai aktivitas ekonomi pascapandemi COVID-19.

“Panduan protokol ini merupakan turunan yang lebih detail dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor Hk.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang disusun oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan masukan dari Kemenparekraf,” kata Nia.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang baik ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan wisatawan sekaligus upaya dalam percepatan pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, protokol kesehatan mesti menjadi perhatian untuk diimplementasikan secara ketat oleh pelaku industri.

Dalam kesempatan ini, disosialisasikan juga Surat Keputusan Bersama (SKB) Kemenparekraf/Baparekraf dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dalam Masa Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/bangun-kepercayaan-wisatawan-kemenparekraf-luncurkan-kampanye-indonesia-care-1tmEqsHn9g2/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

logo
Hubungi Kami