Bangkitkan Parekraf, Sandiaga Ajak Teladani Kecintaan Bung Karno Terhadap Musik

Klinik Kecantikan dan Laser di Tangerang Selatan Unjuk Gigi Gaet Pasar Wisata Medis Lokal
August 16, 2021
Kolaborasi Lintas Sektor untuk Indonesia ala Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi
August 16, 2021

Kumparan.com / Red/16 Agustus 2021, 12:49 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menilai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) bisa jadi momentum untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), khususnya industri musik nasional.

Soekarno (Bung Karno) dan Mohammad Hatta yang dikenal sebagai Dwi Tunggal itu diungkapkan Sandiaga, mengajarkan banyak hal tentang perjuangan, termasuk dalam memperjuangkan industri musik nasional di era kemerdekaan.

“Pertama-tama tentunya kita panjatkan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan yang maha esa atas berkat dan rahmat yang maha kuasa serta inisiatif bersama kita bisa memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-76 tahun ini,” ungkap Sandiaga,  seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparan, Senin (16/8).

“Sikap syukur ini harus dapat dibuktikan, antara lain dengan selalu mengenang jasa para pahlawan dan sikap meneladani sifat dan semangat untuk terus berjuang dan berusaha yang terbaik demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Untuk itu, Sandiaga menegaskan bahwa kalangan muda harus terus bersemangat layaknya para pendiri bangsa ketika berjuang memerdekakan Tanah Air.

Soekarno yang diketahui sangat menggemari musik tradisional, seperti keroncong dan lenso dari Maluku itu dijelaskannya, tak hanya menganggap musik sebagai hobi. Musik dianggap Bapak Proklamator itu juga sebagai sikap politik atas kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Kecintaan Bung Besar terhadap musik tradisional bukan sebatas hobi, namun juga menunjukkan sikap politik kemerdekaannya terhadap semua yang berbau imperialis, termasuk musik barat yang disebutnya musik ‘ngak-ngik-ngok’,” ungkap Sandiaga.

“Spirit Bung Karno patut menjadi inspirasi bagi kita para anak muda, betapa bermusik tidak hanya memetik senar gitar, menekan tuts piano atau lainnya, namun yang paling penting musik dapat menjadi ekspresi dari membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme,” tegasnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, musik kini menjadi simbol kemandirian dan kreativitas dari anak-anak muda Indonesia. Musik juga telah berkembang menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif yang diwadahi pengembangannya oleh Kemenparekraf.

Oleh karena itu, kalangan muda diharapkan Sandiaga, dapat menjadi penggerak dalam pemulihan sektor parekraf nasional di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital dan pandemi COVID-19 saat ini.

Perubahan tersebut disebut telah mengubah seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat. Namun, kalangan muda tidak boleh menyerah dan terus bersemangat untuk menjadikan sektor parekraf sebagai lokomotif dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Artikel Asli : https://kumparan.com/kumparantravel/bangkitkan-parekraf-sandiaga-ajak-teladani-kecintaan-bung-karno-terhadap-musik-1wLFOne1q2u/1

logo