Bangkit dari Pandemi Covid-19, Kemenparekraf Kampanye #BeliKreatifLokal

Kemenparekaf perbanyak ajak mitra kampanye gerakan #BeliKreatifLokal
May 29, 2020
Diizinkan New Normal, Objek Wisata di Kota Cirebon Segera Dibuka Lagi
May 29, 2020

inews.com/Vien Dimyati/Diterbitkan 29 Mei 2020, pukul 19.58 WIB

 

JAKARTA, iNews.id – Pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang terdampak Covid-19. Dalam rangka membantu pelaku ekonomi kreatif, Kemenparekraf melakukan kampanye gerakan #BeliKreatifLokal.

Kali ini, Kemenparekraf menggandeng lebih banyak mitra untuk kampanye gerakan #BeliKreatifLokal.

Untuk kepentingan itu, Kemenparekraf menyepakati dan menandatangani nota kesepahaman bersama (MoU) dengan sejumlah mitra sebagai bentuk aktivasi dukungan program #BeliKreatifLokal.

Kemenparekraf/Baparekraf melakukan MoU secara virtual pada Jumat (29/5/2020) yang disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio dengan berbagai mitra mencakup Grab, Blue Bird, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan KontrakHukum.

Para mitra itu menyusul kerja sama sebelumnya antara Kemenparekraf dengan sejumlah pihak di antaranya Blibli dan Gojek yang sudah lebih dahulu melakukan MoU.

Menparekraf Wishnutama Kusbandio mengatakan, Pemerintah telah meluncurkan kampanye nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020. Hal tersebut sejalan dengan kerja sama yang dilakukan Kemenparekraf dengan para mitranya.

“Ini salah satu aktivitas untuk mendukung program tersebut. Sebagai cara untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif subsektor fesyen, kuliner, dan kriya untuk kembali bangkit dari dampak pandemi Covid-19,” katanya.

Dengan kerja sama tersebut, lanjut Wishnutama, Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan terintegrasi dengan e-commerce. Dengan demikian, UMKM mampu menjaga omzet penjualan dan kualitas produk, sekaligus agar produk buatan dalam negeri mampu bersaing dengan produk manapun.

“Dalam masa pandemi ini, kita sungguh melihat peran digitalisasi bagi para pelaku ekraf begitu penting. Maka, program ini diharapkan akan mendukung pertumbuhan UMKM dan menyokong perekonomian bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya menambahkan, kerja sama dengan pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif meliputi co branding, penyaluran penjualan produk melalui platform transportasi daring dan marketplace terintegrasi, pendampingan konsultasi hukum untuk pendirian badan hukum dan pengurusan sertifikasi HKI, serta hal-hal lain secara online yang diaktivasi mulai Juni hingga Desember 2020.

“Untuk itu, masyarakat diminta agar saling bahu-membahu menjadi pahlawan bagi produk lokal dengan cara ikut berkontribusi dalam program #BeliKreatiflokal dan #BanggaBuatanIndonesia,” ujarnya.

Melalui program #BeliKreatifLokal ini, pelaku ekraf akan mendapatkan optimasi saluran e-commerce terintegrasi yang berfokus pada kenaikan omzet, tersedianya pendampingan online, dan didukung oleh praktisi dan mentor yang telah berpengalaman di bidangnya.

Fasilitas pendampingan e-commerce meliputi, promosi, pembuatan konten image/motion untuk mengarahkan penjualan, hingga konseling program.

 

Editor : Vien Dimyati

Artikel Asli: https://www.inews.id/travel/destinasi/bangkit-dari-pandemi-covid-19-kemenparekraf-kampanye-belikreatiflokal

logo